Image

Bank Punya Tanggung Jawab Awasi Pengembang Rumah?

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 15:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 470 1694963 bank-punya-tanggung-jawab-awasi-pengembang-rumah-tklN5DPhTh.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Perbankan dinilai memiliki tanggung jawab untuk lebih berhati-hati dalam memberikan kredit kepada pengembang. Hal itu guna meminimalkan praktik pengembang nakal.

"Ya itu dia, jadi perbankan juga punya tanggung jawab karena bisa melakukan semacam checking terlebih dahulu," kata Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira ketika dihubungi Okezone di Jakarta.

Dengan ketelitian dari perbankan sebelum memberikan kredit kepada pengembang, maka dapat mencegah hal-hal yang tak diinginkan yang bisa merugikan konsumen dan bank itu sendiri.

"Jadi izinnya bagaimana, kemudian pemilik pengembang itu siapa, masterplan dan semuanya, kesiapan dari lahannya bagaimana, jangan jangan lahannya sengketa ya kan, kemudian juga kesesuaian dengan rencana dari developernya," terangnya.

Jika bank terlalu longgar dalam memberikan kredit pada pengembang perumahan, Bhima menilai hal itu dapat menimbulkan risiko kredit macet atau non performing loan (NPL).

"Jadi intinya perbankan punya tanggung jawab yang cukup besar untuk melakukan pengawasan terhadap sektor properti ini. Karena kalau tidak diawasi NPL dari sektor properti atau kredit macetnya bakal bergerak naik," lanjutnya. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini