Image

Bank Harus Monitoring Dana yang Disalurkan ke Pengembang Rumah?

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 16:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 470 1694966 bank-harus-monitoring-dana-yang-disalurkan-ke-pengembang-rumah-zg4VZapizd.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih menemukan kenakalan pengembang yang menyalahi kredit yang disalurkan dari perbankan kepada pengembang perumahan.

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira pun menilai bank perlu melakukan monitoring ke mana aliran kredit yang telah disalurkan ke pengembang.

"Ya, itu ya, ini makanya dari pihak perbankannya ini dia bener-bener harus punya monitoring dan evaluasi yang bagus," katanya ketika dihubungi Okezone di Jakarta.

Dengan melakukan monitoring kepada pengembang, maka bank dapat mengetahui apakah dana yang disalurkan ke pengembang benar-benar diperuntukkan sesuai perjanjian yang dilakukan antar-pengembang dan pihak bank.

"Jadi ke mana uangnya dan bagaimana progres proyeknya. Jangan hanya kasih uang tapi tanpa memantau proyek yang sedang dilakukan," lanjut Bhima.

"Karena pengajuannya kan KPR, jangan digunakan untuk misalkan industri, gitu, atau perdagangan, atau jasa yang lain yang tidak sesuai dengan kesepakatan kontrak. Kalau tidak sesuai kan artinya dia melanggar kontrak," tambahnya. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini