Image

Waspada Sebelum Membeli, Ada Rumah yang Bermasalah dengan Legalitas

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 18:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 470 1695027 waspada-sebelum-membeli-ada-rumah-yang-bermasalah-dengan-legalitas-Mp87FgHuNC.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (lPW) Ali Tranghanda menyatakan, saat ini masih banyak kegiatan jual beli rumah yang bermasalah dengan legalitas dan perizinan bangunan.

"Banyak, banyak, tapi kalau konsumen mau ngadu (terkait masalah itu), ngadu ke mana? Maka perlu satu badan yang betul-betul formal (mewadahi itu)," katanya ketika dihubungi Okezone di Jakarta.

Karena tak ada badan yang dapat dijadikan sebagai tempat konsumen properti rumah menuntut haknya, Ali menyarankan agar konsumen lebih berhati-hati sebelum membeli produk rumah.

"Karena ketika rumah itu dijual dan si konsumen enggak tahu, tapi konsumen udah menandatangani PPJB (perjanjian pengikatan jual beli), nah itu sebetulnya kan dalam tanda kutip kesalahannya konsumen sih sebetulnya," terangnya.

Sekalipun konsumen dapat mengadukan keluhannya ke pemerintah maupun asosiasi, dia mengatakan, untuk penyelesain masalah tersebut masih tetap sulit ditangani oleh mereka.

"Sekarang ngadu ke mana, ngadu ke asosiasi, ngadu ke kami juga banyak aduan, ngadu ke kementerian, terus penyelesaiannya ke mana? Enggak ada suatu forum yang bisa menyelesaikan itu," tukasnya. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini