Image

Kredit Konstruksi Diharap Mampu Penuhi Pasokan Perumahan Pekerja

Agregasi Jum'at 19 Mei 2017, 19:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 19 470 1695125 kredit-konstruksi-diharap-mampu-penuhi-pasokan-perumahan-pekerja-hn3u03PkVn.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Para pekerja yang memiliki BPJS Ketenagakerjaan bisa berlega hati karena lembaga ini telah merilis sejumlah program terkait perumahan.

BPJS Ketenagakerjaan yang mengelola asuransi sosial para pekerja mulai membidik beragam manfaat yang bisa digunakan saat masih aktif berkarya. Sebelumnya, program yang dirilis memang baru dapat digunakan ketika pekerja mengalami risiko tertentu.

Program yang dirilis ini mencakup hulu dan hilir yaitu pekerja dan juga perusahaan pengembang. Pekerja bisa mendapatkan kemudahan untuk mencicil rumah lewat kredit rumah, kredit uang muka, hingga kredit renovasi.

Sementara perusahaan pengembang yang membangun dan mengembangkan perumahan pekerja juga mendapatkan kemudahan untuk memperoleh kredit konstruksi.

Kredit ini memiliki suku bunga yang rendah. Bunga yang dibebankan yaitu BI Repo Rate plus 4% atau berkisar 8,75% dengan jangka waktu lima tahun.

“Kita harap dengan bunga cukup rendah ini, pengembang berlomba-lomba membangun perumahan pekerja. Dari sisi supply tersedia, kami juga masuk dari sisi demand-nya,” ujar Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja kepada Rumah123 di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Utoh melanjutkan kredit konstruksi ini diberikan agar pasokan perumahan untuk pekerja bisa semakin banyak sehingga penyaluran kredit perumahan dan uang muka pekerja juga dapat berjalan baik.

Perusahaan pengembang yang ingin mengajukan kredit konstruksi ini juga tidak akan menghadapi proses yang rumit. Perusahaan diminta untuk tertib administrasi pembayaran BPJS Ketenagakerjaan para pekerjanya.

Sementara untuk proses kredit dan disetujui atau tidaknya memang tergantung kepada pihak perbankan yang menjadi mitra BPJS. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini