Image

Nih, Caranya Supaya Punya Rumah di Usia 30

Agregasi Sabtu 20 Mei 2017, 12:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 470 1695553 nih-caranya-supaya-punya-rumah-di-usia-30-filMnNaSEk.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Saat mendapatkan pengumuman lolos seleksi kerja untuk pertama kalinya, seorang fresh graduate pasti merasa sangat gembira. Meskipun jumlah gaji yang akan diterima belum terlalu besar, tak menyurutkan semangat mereka.

Namun, alangkah baiknya jika seorang fresh graduate punya target gaji yang jelas dalam berburu pekerjaan. Tujuannya agar lebih mudah mewujudkan berbagai tujuan finansial di masa depan seperti membeli rumah.

Untuk melihat estimasi gaji di sebuah perusahaan, bisa melalui situs perbandingan gaji. Dengan begitu, ketika diterima kerja di suatu perusahaan, tidak akan kecewa karena sudah tahu kisaran gaji yang diharapkan.

Seseorang biasanya mulai bekerja pertama kali di usia 22 tahun. Dan, di usia 30 tahun, idealnya sudah memiliki rumah sendiri. Berikut ini gambaran gaji pertama yang kamu butuhkan dan target harga rumah yang sesuai.

Gaji Rp4 juta:

Target harga rumah (saat ini): Rp150 juta

Harga rumah delapan tahun kemudian (estimasi kenaikan 20% per tahun): Rp390 juta

DP yang diperlukan (kurang lebih 15%): Rp58,5 juta

Tabungan per bulan: minimal 16% dari gaji saat ini

Lama menabung: 8 tahun

Gaji Rp5 juta

Target harga rumah (saat ini): Rp200 juta

Harga rumah 8 tahun kemudian (estimasi kenaikan 20% per tahun): Rp520 juta

DP yang diperlukan (kurang lebih 15%): Rp78 juta

Tabungan per bulan: minimal 17% dari gaji saat ini

Lama menabung: 8 tahun

Gaji Rp6 juta:

Target harga rumah (saat ini): Rp250 juta

Harga rumah 8 tahun kemudian (estimasi kenaikan 20% per tahun): Rp650 juta

DP yang diperlukan (kurang lebih 15%): Rp97,5 juta

Tabungan per bulan: minimal 17% dari gaji saat ini

Lama menabung: 8 tahun

Untuk mempercepat tercapainya target jumlah tabungan, gunakan cara sebagai berikut:

Tingkatkan terus jumlah tabungan

Pada perhitungan di atas, jumlah yang harus disisihkan setiap bulannya stabil selama delapan tahun. Jika ingin lebih cepat, tingkatkan terus jumlah tabunganmu. Gaji seorang karyawan biasanya meningkat setiap tahunnya, sehingga hal ini akan sangat mungkin diterapkan.

Menabung tidak hanya dari gaji

Kamu bisa memanfaatkan sebagian tunjangan hari raya (THR) dan bonus untuk menabung. Atau, cari sumber pemasukan lain agar kamu bisa cepat mewujudkan keinginanmu untuk memiliki rumah. Siapa tahu kamu bisa menempati rumah impian sebelum usia 30 tahun.

Investasi

Kamu akan lebih mudah mengejar kenaikan harga properti jika menempatkan uangmu pada instrumen investasi misalnya reksa dana atau deposito berjangka. Atau, tempatkan uangmu pada tabungan rencana yang mematok bunga lebih tinggi dari tabungan biasa. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini