Image

RI Raih Investment Grade, Sri Mulyani Tulis 'Surat Cinta' untuk Jokowi dan Kemenkeu

Dedy Afrianto, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 09:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 20 20 1695824 ri-raih-investment-grade-sri-mulyani-tulis-surat-cinta-untuk-jokowi-dan-kemenkeu-3PVuB0NtBb.jpg Surat Tulisan Tangan Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Akun Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA - Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's (S&P) telah memberikan rating layak investasi alias investment grade kepada Indonesia pada Jumat lalu. Pemberian rating ini diumumkan seiring dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP).

Hal ini pun disambut gembira oleh Sri Mulyani. Bahkan, Sri Mulyani sempat menulis surat dengan tulisan tangan sebagai ungkapan rasa bahagianya.

"Hari ini ada dua berita gembira untuk Indonesia, pertama kali sejak Republik Indonesia menyusun laporan keuangan&pertanggungjawaban APBN 12 tahun lalu, pemerintah memperoleh opini WTP oleh BPK-RI. Dan Indonesia mendapat peningkatan rating invesment grade oleh S&P, kenaikan sejak 2011," tulis Sri Mulyani seperti dikutip dari akun instagramnya, smindrawati, Jakarta, Sabtu (20/5/2017).

Surat ini ditujukan Sri Mulyani untuk jajaran pegawai Kementerian Keuangan. Menurutnya, hal ini adalah prestasi luar biasa yang mampu diraih berkat kerja keras selama ini.

"Prestasi baik ini adalah hasil kerja keras, ketekunan, ketelitian, dedikasi, dan kesetiaan Anda semua untuk membangun Indonesia lebih baik. LUAR BIASA!!," tulis Sri Mulyani.

Tak hanya itu, dalam surat ini, Sri Mulyani juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas arahannya selama ini. Ucapan terima kasih juga ditujukan untuk BPK RI dan DPR RI.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi atas dukungan beliau kepada Kemenkeu untuk pengelolaan keuangan negara yang bersih dan akuntabel. Terima kasih juga untuk BPK RI yang menjadi partner handal dalam membangun keuangan negara yang bertanggungjawab dan transparan. Juga untuk DPR RI yang menjalakan hak budget untuk kesejahteraan rakyat," jelas Sri Mulyani.

Seperti diketahui, peringkat invesment grade ini menunjukan adanya peningkatan peringkat utang Indonesia oleh S&P. Hal ini sekaligus melengkapi peringkat investment grade yang sebelumnya sudah diberikan sebelumnya oleh Iembaga pemeringkat internasional lain yaitu Japan Credit Rating Agency JCRA (July 2010), Fitch (Desember 2011), Moody’s (Januari 2012), dan Rating and Investment (Oktober 2012). (ded)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini