Image

Menhub: Bandara Itu Wajah Suatu Negara!

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 10:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1695831 menhub-bandara-itu-wajah-suatu-negara-OfPiZ8YcO6.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: Trio Hamdani)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya Bandar Udara (bandara) di Indonesia agar menerapkan sistem digital, terutama bagi bandara-bandara besar.

Melalui paparannya dalam diskusi tentang 'Kebangkitan Bandara Digital Indonesia' yang diselenggarakan PT Angkasa Pura II, Menhub menilai bandara merupakan cerminan dari suatu negara. Oleh karenanya, semakin baik suatu bandara itu dikelola maka dapat meningkatkan citra negara tersebut.

"Airport adalah facing (wajah) suatu negara. Jadi ada 2 kata yang begitu strategis dan kita harus menempa diri menjadi orang-orang yang berpikir staregis agar produk-produk yang dihasilkan baik," katanya di Kantor Pusat AP II Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (20/5/2017).

Dia pun mencontohkan bagaimana sistem digital mengubah kultur yang ada di suatu negara yang juga terjadi di Indonesia. Misalnya transportasi publik konvensional dan yang berbasis online. Keduanya terjadi persaingan dalam pasar di bidang jasa transportasi umum itu.

"Di dunia taksi itu terlihat, karena eksisting punya audience. Di bandara kalau tak lakukan ini memang seolah-olah tak ada kompetisi. Anda kalau tak (terapkan sistem digital) akan tertinggal," lanjutnya.

Budi pun mengimbau agar para pemangku kepentingan terkait dunia penerbangan saling bekerjasama dalam mendorong penciptaan bandara dan transportasi udara yang tersistem dengan digital.

"Karenanya, sistem digital yang akan didorong melalui struktur ekonomi tak hanya produk, tapi juga eksplorasi baru atas penggunaan teknologi digital. Banyak hal yang bisa digunakan secara advance, teman-teman Garuda, AP II , dan Airnav, sangat dekat dengan digital, dan bagaimana ini eksplorasi," tukasnya. (ded)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini