Image

Menhub Minta Bandara di Indonesia Terapkan Sistem Digital

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 10:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1695833 menhub-minta-bandara-di-indonesia-terapkan-sistem-digital-epZja0E6Ip.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: Trio Hamdani/Okezone)

TANGERANG - Guna meningkatkan pelayanan Bandar Udara (bandara) di Indonesia, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, hal itu dapat diterapkan dengan memanfaatkan sistem digital.

Menhub menilai, dengan menerapkan sistem digital pada suatu bandara tak hanya memberikan keuntungan bagi bandara tersebut, melainkan turut memudahkan masyarakat pengguna transportasi udara atau pesawat.

"Implementasi digital akan meningkatkan layanan publik dan ini akan jadi contoh bandara-bandara lain di Jakarta, (bandara) Soekarno-Hatta dan Kualanamu akan jadi contoh, Kementerian Perhubungan akan menyeimbangkan pembangunan digital dan bandara," katanya di Kantor Pusat PT Angkasa Pura II (AP II) Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (20/5/2017).

Melalui paparannya dalam diskusi tentang 'Kebangkitan Bandara Digital Indonesia' yang diselenggarakan AP II, Menhub menjelaskan bahwa saat ini bandara di Indonesia sudah cukup menerapkan sistem digital dalam berbagai hal dan keperluan.

"Bandara Indonesia sedikit banyak mengimplementasikan sistem digital, tiket, bioskop, taksi, antre, check in, semua digital," lanjutnya.

Untuk lebih menggiatkan penerapan sistem digital di bandara Indonesia guna menyempurnaan pelayanan bandara dan kinerja bandara, Menhub meminta seluruh pemangku kepentingan untuk bekerjasama dengan sebaik mungkin.

"Oleh karenanya mari bahu membahu, nanti Pak Bintang (Direktur Bandar Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Bintang Hidayat) juga harus mengupayakan hal-hal seperti itu, dan gunakan aplikasi smartphone android yang ke depan pakai sistem yang prima dan canggih," tukasnya. (ded)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini