Image

Tak Terapkan Digitalisasi, Bandara Indonesia Bisa Tertinggal?

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 11:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1695841 tak-terapkan-digitalisasi-bandara-indonesia-bisa-tertinggal-9AebTzuK9U.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya. (Foto: Okezone)

TANGERANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan besarnya pengaruh kehadiran industri berbasis digital. Tak ketinggalan, Bandar Udara (bandara) di Indonesia pun dituntut menerapkan digitalisasi.

Melalui paparannya dalam diskusi tentang 'Kebangkitan Bandara Digital Indonesia' yang diselenggarakan PT Angkasa Pura II, Menhub mencontohkan, kemunculan transportasi berbasis online dan e-commerce sedikit banyak mempengaruhi bisnis serupa yang konvensional.

"Digital ini kan suatu keniscayaan, enggak mungkin kita enggak ikut, terbukti banyak di industri lain, banyak yang terlalu yakin bisa bertahan tapi dengan digital dia akan terkalahkan. Seperti taksi online, ritel banyak sekali gitu," katanya Kantor Pusat AP II Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (20/5/2017).

Karenanya, Menteri Budi menekankan pentingnya bandara di Indonesia, terkhusus bandara-bandara besar agar mulai mengimplementasikan sistem digital. Menurutnya, dengan digitalisasi maka otoritas terkait mampu memberikan pelayanan yang lebih baik pada pengguna bandara dan transportasi udara.

"Sudah tidak mungkin tidak dilakukan, karena (digital) itu suatu keniscayaan, satu sistem yang luar biasa membuat murah, cepat, canggih, semuanya ada di sana," lanjut Menhub.

Budi Karya pun mengapresiasi apa yang telah dilakukan AP II dalam mengelola bandara, khususnya bandara Soekarno-Hatta. Sebab pihaknya memiliki kemauan untuk menerapkan digitalisasi di bandara yang dikelolanya.

"Jadi saya mengapresiasi apa yang dilakukan AP II dan stakeholder, karena yang membuat suatu entitas itu kadang-kadang terlena itu karena kalau AP II bersaingnya dengan Changi (bandara di Singapura). Dia tidak sadar dia bersaing," tukasnya. (ded)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini