Image

Bandara Soetta Dijagokan Raih Peringkat 15 Terbaik Dunia di 2019

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 11:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1695855 bandara-soetta-dijagokan-raih-peringkat-15-terbaik-dunia-di-2019-kVlh2swG9g.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya. (Foto: Okezone)

TANGERANG – Menggunakan konsep Bandar Udara (bandara) digital, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimis, peringkat Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan mengalami peningkatan dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagaimana diketahui, tahun 2017 ini, Bandara Soetta tercatat berada di peringkat 44 dunia versi Skytrax. Artinya, Bandara Soetta mengalami peningkatan peringkat dari tahun sebelumnya 2016 yang berada di posisi 63, atau menanjak sebanyak 19 poin.

"Yang namanya bandara itu kan tempat yang prestise bagi suatu bangsa. Kolaborasi antar suatu airport yang bagus dengan layanan digital yang bagus akan meningkatkan apresiasi masyarakat dunia terhadap Indonesia," katanya di Kantor Pusat AP II Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (20/5/2017).

Dengan demikian, apabila Bandara Soetta menerapkan sistem digital, Menhub meyakini peringkat Indonesia akan melonjak kembali ke peringkat lebih tinggi dan menyaingi bandara-bandara negara lain.

"Sehingga kalau kita bisa sama baiknya dengan China, Jepang, dengan Amerika, Insya Allah peringkat Soekarno-Hatta yang sekarang 44, tahun depan itu 30, meningkat, melompat lagi tahun depan lagi jadi 15, kita mesti harus lakukan," lanjutnya.

Dirinya pun meminta pengelola bandara di Indonesia, semisal Angkasa Pura II untuk terus memacu kinerja dalam meningkatkan kualitas bandara di Indonesia, agar optimisme Indonesia dapat memperoleh peringkat lebih tinggi dapat tercapai. Selain itu juga bisa meningkatkan citra Indonesia di mata dunia.

"Karena ketika dia datang (ke Indonesia) kan langsung melihat apa yang ada di sini gitu (bandara), ini tergambar semua, phisicly dia lihat tapi juga secara digital, dia bisa merekam, dia bisa mengukur, apa yang ada di sini," tukasnya. (ded)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini