Image

TIPS KARIER: Begini Caranya agar Pekerjaan Anda Tuntas Lebih Awal

Ulfa Arieza, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 23:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1695942 tips-karier-begini-caranya-agar-pekerjaan-anda-tuntas-lebih-awal-Cgh4R4n2Yw.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Kesibukan yang padat kadang membuat waktu 24 jam terasa kurang untuk menuntaskan segala pekerjaan. Terutama bagi pengusaha yang tidak memiliki waktu kerja reguler. Akibatnya, jadwal yang kacau dapat meningkatkan tingkat stres dan membuatnya semakin sulit bagi kita untuk menghabiskan waktu yang berkualitas dengan teman dan keluarga.

Tetapi ada cara untuk mempersingkat kerja, sehingga Anda dapat menyelesaikan tugas kantor Anda satu atau dua hari awal. Mungkin terdengar mustahil, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dan menggunakan waktu Anda lebih bijaksana.

1. Susun Prioritas

Perlu diketahui bahwa tidak semua tugas-tugas memiliki tingkat kepentingan yang sama. Anda mungkin memiliki banyak agenda tiap hari, tapi jika Anda tidak membedakan antara tugas-tugas yang penting bagi bisnis Anda dan yang bisa ditunda, Anda tidak akan pernah mencapai tujuan.

Untuk benar-benar megelola tugas Anda dan mencegah overload kerja, belajarlah untuk menghapus pekerjaan yang tidak penting atau mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang Anda percayai.

Belajar untuk memprioritaskan hal-hal yang penting. Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, fokus pada hal-hal apa yang paling penting untuk bisnis Anda bukan apa membutuhkan perhatian Anda segera.

2. Gunakan Shortcuts

Manfaatkan shortcuts serta berbagai aplikasi yang dapat manajemen waktu Anda serta menghemat waktu Anda. Dengan demikian waktu Anda menjadi lebih efektif dan produktif. Terutama untuk tugas-tugas yang berulang-ulang seperti menjawab email atau mengelola jadwal harian.

Membuat perubahan pada strategi kerja harian Anda akhirnya akan menghemat waktu dalam jangka panjang. Misalnya mengalokasikan 30 menit saja untuk membuka e-mail dan media sosial. Kemudian menghabiskan sisa hari Anda bekerja pada tugas yang lebih penting. Dengan demikian Anda dapat menyelesaikan tugas kantor Anda lebih cepat.

3. Kurangi Gangguan

Smartphone adalah gangguan yang tak terelakkan dalam pekerjaan. Anda dapat dengan mudah kehilangan fokus jika Anda tidak hati-hati. Menghabiskan waktu untuk memeriksa e-mail, atau membaca blog dan mengecek media sosial tidak signifikan terhadap produktivitas Anda. Meskipun hanya 10 hingga 15 menit, tapi waktu tetap berjalan sehingga Anda tidak boleh menyiakannya.

Gangguan yang paling umum adalah e-mail dan 33% dari pengusaha setuju bahwa e-mail adalah gangguan utama bagi mereka. Setelah Anda membaca e-mail, sebaiknya Anda langsung menjawab lalu menghapusnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini