Image

TIPS KARIER: 8 Jurus Selamatkan Pekerjaan Anda dari Serangan Virus

Ulfa Arieza, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 22:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1695943 tips-karier-8-jurus-selamatkan-pekerjaan-anda-dari-serangan-virus-Kiaah9Hryi.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA – Merebaknya virus WannaCry atau ransomware di hampir 100 negara, telah membuat heboh beberapa hari terakhir. Keganasan virus ini mampu mengacaukan sistem komputer serta menghilangkan seluruh data di dalamnya.

Di Indonesia, virus ini telah berhasil menginfeksi dua rumah sakit swasta di Indonesia, yaitu Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.

Penelitian terakhir menemukan bahwa ekonomi global sempat terpukul hingga USD450 miliar tahun lalu karena kejahatan siber. Kejadian ini menggarisbawahi betapa pentingnya mengidentifikasi teknologi paling rentan terhadap virus.

Berikut adalah 8 tips untuk menghindari serangan virus yang dapat mengganggu produktivitas pekerjaan Anda.

1. Aktifikan Enkripsi

Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa didekripsi –kebalikan dari proses enkripsi.

Beberapa aplikasi yang dapat diunggah seperti telefon atau WhatsApp untuk komunikasi biasanya menawarkan enkripsi pesan. Anda juga dapat mengaktifkan built-in enkripsi di perangkat Anda seperti FileVault untuk Apple dan Bitlocker untuk Windows.

2. Gunakan Akses VPN

VPN (virtual private network) adalah jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar-remote site secara aman.

Pastikan Anda menyelidiki layanan VPN sebelum tersambung kepada internet. VPN seperti IPVanish, VPN Check dan NordVPN membuat sambungan jaringan aman untuk Anda dan karyawan Anda. Hati-hatilah dalam menggunakan jaringan wifi publik seperti dalam kedai kopi atau lobi hotel, karena tidak semuanya aman.

3. Otentifikasi Ganda

Gunakan sistem autentikasi ganda untuk tiap akun Anda, baik dari e-mail maupun media sosial. Dengan sistem autentikasi, ketika Anda memasukkan password Anda, satu kode akan dikirim ke telefon Anda yang mengharuskan Anda untuk login kembali. Dengan demikian Anda dapat mengetahui apabila ada aktivitas pada e-mail dan media sosial yang tidak berasal dari Anda.

4. Gunakan Koneksi yang Aman

Pastikan bahwa Anda menggunakan versi yang paling aman dari situs website, sebuah situs yang dilindungi akan memiliki HTTPS pada permulaan URL. Jika Anda berada dalam mode penyamaran, Anda tidak terlindung dari hacker atau penyedia layanan Internet, sehingga riwayat penelusuran Anda dapat terdeteksi.

 

5. Gunakan Search Engine yang Aman

DuckDuckGo adalah platform search engine yang mengklaim tidak akan melacak penelusuran atau mengumpulkan informasi identitas tentang Anda, termasuk login dan alamat IP.

6. Keamanan Password

Peringatan ini tak terdengar asing, tetapi bagaimanapun hal ini penting ntuk dilakukan. Ganti password Anda secara berkala, menggunakan kombinasi acak huruf besar dan huruf kecil, serta angka dan simbol.

 

7. Menuliskan Password

Untuk membantu Anda mengingat password, biasanya Anda menggunakan password yang mudah untuk dihafal. Tapi perlu diingat bahwa password yang mudah sangat rentan oleh hacker.

Guna membantu Anda untuk mengingat password, maka tulislah di sebuah kertas tetapi hati-hati jangan sampai Anda lupa menempatkannya.

8. Terapkan Kecurigaan yang Tinggi

Jangan meng-klik tautan dari pengirim yang tidak Anda kenali. Bahkan jika Anda sudah familiar dengan nama di kotak masuk Anda jika sesuatu tampak mencurigakan, maka baiknya dihapus saja. Kadang, tautan tersebut adalah virus yang dikirim hacker untuk meretas komputer Anda.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini