Image

Cara AP II "Renovasi" Bandara dengan Smart Infrastructure

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 16:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1695971 cara-ap-ii-renovasi-bandara-dengan-smart-infrastructure-DSknG0dq38.jpg Foto Bandara Digital (Trio/Okezone)

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) tengah berbenah meningkatkan fasilitas di bandara yang dikelola olehnya. Selain mendorong peningkatan infrastruktur fisik, AP II turut mendorong pengembangan smart infrastructure.

Smart infrastructure ini secara garis besar membuat infrastruktur bandara menjadi lebih efisien, efektif, dan bekerja secara optimal.

"Pertama smart infrastructure, jadi infrastruktur di dalam bandara harus sudah bisa dipikirkan untuk kemudian bertransformasi. Kalau sebelumnya infrastruktur yang di area hard infrastructure-nya (fisik) runway sudah bagus, gedung terminal bagus," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di Kantor Pusat AP II Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (20/5/2017).

Kemudian, dia menyatakan, AP II juga fokus meningkatkan soft infrastructure di bandara-bandara yang dikelolanya. Yakni, meningkatkan pelayanan bandara dengan pendekatan yang modern yaitu digitalisasi.

"Kita juga mulai mempertimbangkan untuk menambahkan satu komponen yang disebut dengan soft infrastructure yaitu teknologi informasi yang bisa mengintegrasi. Hal ini yang kita sebut dengan smart infrastructure di sisi udara-airside area, kita juga meng-upgrade infrastruktur di dalam terminal untuk pelayanan passenger atau visitor, dan layanan security maupun layanan-layanan lainnya," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini