Image

Tak Perlu Risau, Kini Penumpang Pesawat Bisa Pantau Bagasi agar Tidak Dilempar

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 16:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1695974 tak-perlu-risau-kini-penumpang-pesawat-bisa-pantau-bagasi-agar-tidak-dilempar-jEhSCwl1eD.jpg Foto AFP

JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin menyatakan, sejumlah keunggulan Bandar Udara (Bandara) di Indonesia, khususnya Soekarno-Hatta (Soetta).

Salah satunya, dijelaskan Awaluddin terkait dengan kegiatan operasional pada bagasi milik para penumpang. Dengan pemanfaatan digitalisasi, menurutnya penumpang pemilik bagasi dapat memonitoring bagasi miliknya.

"Contohnya kayak bagasi yang kita bikin estimated time arrival. Saya rasa itu enggak ada di bandara lain, terbatas ya ada di counter berapa dan sudah ter-deliver atau belum," katanya di Kantor Pusat AP II Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (20/5/2017).

Ditambah lagi, yang tidak kalah penting, selama ini pengguna layanan bandara dan pesawat kerap mengeluh karena bagasi miliknya tak diperlakukan dengan baik sehingga terjadi kerusakan pada barang bawaan penumpang.

Dengan peningkatan layanan bandara yang dilakukan, dirinya mengatakan, penumpang pesawat bisa lebih tenang dengan perlakukan yang dilakukan pihak bandara terhadap barang bawaan penumpang. Sebab pelayanan bagasi lebih diperketat.

"Kita tambahkan CCTV buat lihat ke breakdown area sehingga yang katanya kekhawatiran bagasi didodos, bagasi di lempar sembarangan dengan sangat enggak rapi bisa dimonitor oleh passenger (penumpang) sendiri pemilik dari bagasi. Hal-hal kayak gitu didorong terus ya, membuka informasi kepada publik termasuk berapa lama dia akan berangkat, berapa lama delay yang terjadi, karena data itu sebenarnya ada," tambah Awaluddin.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini