Image

Hore! AP II Bakal Kaji Izin Taksi Online di Bandara

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 17:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1695976 hore-ap-ii-bakal-kaji-izin-taksi-online-di-bandara-Mr5H9MmLC3.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) berniat membuat standar pengoperasian angkutan umum roda empat yang terintegrasi dengan Bandar Udara (Bandara) yang dikelolanya.

Menurut Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, hal itu guna menengahi masalah yang terjadi antara taksi konvensional dan taksi berbasis online yang beroperasi di bandara.

"Nah gini ya, Saya ingin kita membuat standarisasi dulu. Jadi di bandara dengan kita launching infrastruktur bandara berbasis layanan digital, idealnya kita tidak ingin mendikotomi antara layanan," katanya di Kantor Pusat AP II Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (20/5/2017).

Polemik yang terjadi pada dua jasa angkutan publik yang melayani pengguna bandara itu pun akhirnya dibuat keputusan dengan tidak memberikan izin kepada taksi online beroperasi di bandara.

"Tadi kan pak Menhub (Budi Karya Sumadi) ngomong harusnya layanan taksi itu single sistem. Jangan ada taksi yang berstiker, ada taksi yang tidak berstiker, ada taksi yang online, ada taksi yang konvensional," jelasnya.

Karenanya, AP II mencoba menengahi hal tersebut dengan mengeluarkan platform digital yang berfungsi mewadahi kedua transportasi roda empat berbeda basis tersebut. Namun, hal itu masih perlu dikaji lebih lanjut.

"Lah wong yang dibutuhkan penumpang taksi kok. Era sekarang yang penting cepet sehingga harus ada regulasi yang kemudian mengatur juga itu kembali bagaimana konsepnya sekarang. Bandara mau bersikap seperti apa? Kalau idealnya dia berada dalam satu platform layanan yang sama. Jadi kalau misalnya taksi konvensional dengan taksi online platformnya sama dulu," tambahnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini