Image

Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia, tapi Jangan Lupakan Nelayan!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 20:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1696057 indonesia-jadi-poros-maritim-dunia-tapi-jangan-lupakan-nelayan-0X2yBaQuD7.jpg Foto Diskusi di GMKI (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Negara Republik Indonesia dikenal dengan negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan Undang-Undang. Misi pemerintah saat ini fokus untuk pembangunan, untuk mewujudkan Indonesi menjadi negara kepulauan yang mandiri, maju, kuat.

Biro Perencanaan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Samuel Rahallus mengatakan, untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia maka harus menumbuhkan wawasan bahari bagi masyarakat dan pembangunan infrastruktur seperti ide Presiden Jokowi dengan program tol laut.

"Tol laut bukan berarti bangun tol di atas laut, nantinya mempermudah angkut barang dari daerah menggunakan kapal. Untuk menekan angka biaya yang dikeluarkan juga," ungkapnya di acara diskusi GMKI, Jakarta, Sabtu (20/5/2017).

Selain itu, ada lima pilar penting yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Juga dibutuhkan usaha yang keras dan dukungan dari berbagai pihak seperti IPTEK dan SDM.

"Pertama, membangun kembali budaya maritim, kedua menjaga dan mengelola sumber daya laut dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut, industri perikanan dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama," jelasnya.

Sementara itu, yang tak kalah penting adalah yang ketiga yaitu membangun infrastruktur dan konektivitas maritim (tol laut, pelabuhan laut dalam, logistik) dan industri perkapalan, serta wisata bahari.

"Pilar ke empat, diplomasi maritim dan pilar ke lima membangun kekuatan pertahanan maritim," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini