Image

6 Dimensi Pembangunan Menuju RI Jadi Poros Maritim Dunia

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 20:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 20 320 1696071 6-dimensi-pembangunan-menuju-ri-jadi-poros-maritim-dunia-oAXVU9LlQA.jpg Foto Diskusi di GMKI (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus berusaha membawa Indonesia sebagai negara maju dan kuat. Hal inilah yang membuat Pemerintah terus melakukan pembangunan mulai dari daerah.

Biro Perencanaan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Samuel Rahallus mengatakan, pemerintah juga terus membawa Indonesia kembali membangkitkan indentitas bangsa sebagai negara kepulauan. Sehingga diperlukan enam dimensi pembangunan menuju poros maritim dunia.

"Dimensi pertama, melakukan pembangunan karakter bangsa Bahari yaitu dengan menemukan kembali budaya Bahari yang hidup sejak abad ke-2 agar nantinya muncul para pembuat kebijakan yang Ocean oriented serta pengembangan iptek kelautan nasional untuk membangun kemandirian bangsa," ungkapnya di acara diskusi GMKI, Jakarta, Sabtu (20/5/2017).

Sementara itu, dimensi kedua menegakkan kedaulatan maritim yaitu meningkatkan diplomasi maritim untuk membangun leadership di Asia Tenggara, Asia dan dunia dengan program-program politik luar negeri yang inovatif dimensi. Dimensi ketiga tata kelola laut yaitu cetak biru tata ruang laut yang komprehensif akan menghilangkan tumpang tindih dan kemudahan rencana kerja pemerintah dan swasta atau investor serta harmonisasi aturan nasional yang overlapping.

"Dimensi yang keempat pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berdaya saing yaitu dengan mengembangkan ekonomi maritim di berbagai bidang kehidupan yang berbasiskan sumber daya alam dan IPTEK dengan mengedepankan prinsip Pro ekologi dan pro jobs dan meningkatkan nilai tambah sumber daya alam untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat," jelasnya.

Dua dimensi terakhir juga tak kalah penting yakni, dimensi kelima, penyediaan infrastruktur poros maritim yaitu dengan pendorong percepatan penyediaan infrastruktur politik untuk meningkatkan sistem logistik nasional. Mengembangkan sistem transportasi poros maritim yang terpadu antarmoda.

Dimensi ke enam, industri dan jasa maritim yaitu membangun kawasan-kawasan pertumbuhan dengan memperhatikan aspek geostrategic Indonesia sebagai negara maritim serta mengembangkan industri pengolahan sumber daya alam untuk peningkatan nilai tambah.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini