nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raih Investment Grade, Bawa Harapan ke Sektor Energi Terbarukan

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Minggu 21 Mei 2017 11:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 21 320 1696241 raih-investment-grade-bawa-harapan-ke-sektor-energi-terbarukan-h8W8Zh5xU4.jpg Acara KESDM di Balikpapan (Foto: Rizkie Fauzian/Okezone)

BALIKPAPAN - Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's memberikan rating layak investasi alias investment grade kepada Indonesia. S&P meningkatkan peringkat kredit sovereign jangka panjang menjadi 'BBB-' dari 'BB +.

Dengan naiknya rating investasi, artinya Indonesia semakin percaya diri menjadi negara tujuan para investor dari luar negeri. Lalu bagaimana dengan investasi di sektor energi?

Direktur Jenderal energi baru, terbarukan, dan konservasi energi Rida Mulyana menjelaskan, investasi memiliki banyak faktor penentu seperti keamanan sebuah negara, kebijakan perusahaan, kejelasan aturan, dan tentunya kestabilan ekonomi negara.

"Keamanan, kebijakan perusahaan misalnya ada satu perusahaan di luar negeri yang mau investasi kalau negaranya udah dapat BBB seperti Indonesia saat ini. Jadi akan semakin banyak yang masuk (investasi)," jelas Rida di Balikpapan, Minggu (21/5/2107).

Menurutnya, kenaikan peringkat rating Indonesia bisa menjadi harapan ke sektor energi terutama sektor energi terbarukan. Apalagi, banyak negara yang tertarik dengan investasi di sektor energi.

"Kemarin misalnya, Prancis kan tertarik. Lithuania juga kemarin sudah datang,mereka belajar konservasi (energi) dari kita. Nanti ada dari Swedia. Nanti akan semakin banyak yang datang. Diharapkan nanti akan semakin banyak yang datang, tidak hanya perusahaan, tapi perusahaan yang dibawa oleh negaranya," jelasnya.

Seperti diketahui, kunjungan Presiden Lithuania akan difokuskan pada kerja sama energi terbarukan, konservasi energi, serta pengembangan bisnis di sektor energi. Lithuania sendiri memiliki kapabilitas dalam bidang energi surya, biomass dan biofuel.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini