Tak Beri Ampun Jadi Cara Mentan Peroleh WTP

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 23 Mei 2017 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 23 320 1697922 tak-beri-ampun-jadi-cara-mentan-peroleh-wtp-lwJnBZC3Qs.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

BOGOR - Jajaran Menteri Kabinet Kerja hari ini hadir di Istana Kepresidenan Bogor untuk mendengarkan laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Laporan ini dibacakan oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Moermahadi Soerja Djanegara.

Dalam laporan keuangan pemerintah pusat ini, BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas 73 Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) dan 1 Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (BUN).

Jumlah ini mencapai 84% dibanding pada 2016 yang hanya 65% LKKL yang memperoleh WTP. Opini WTP pada 73 LKKL dan 1 LKBUN memberi kontribusi yang signiflkan pada opini WTP LKPP Tahun 2016.

Salah satu kementerian yang peroleh opini WTP adalah Kementerian Pertanian. Menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, hal ini tidak terlepas dari kerja keras pemerintah dan BPK.

"Ini pertama di Kementerian ā€ˇPertanian tanpa catatan, meraih WTP, itu kami terima kasih pada BPK dan seluruh tim Kementerian Pertanian," kata Amran di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/5/2017).

Amran pun membeberkan rahasia memperoleh opini WTP dari BPK. Salah satunya adalah dengan cara turun langsung hingga ke tingkat paling bawah untuk melakukan monitor.

"Kita turun sampai ke bawah, dan kami monitor, tidak ada ampun. Kita kejar WTP dan kita harus pertahankan," ungkapnya.

BPK mencatat masih terdapat beberapa kementerian atau lembaga yang tidak memperoleh opini WTP. Salah satunya adalah Kemenpora. Hal ini pun nantinya akan menjadi bahan evaluasi dari pemerintah.

"Nanti kita evaluasi juga dari pihak ketiga. Kita juga akan bentuk task force," kata Menpora Imam Nahrowi pada kesempatan yang sama.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini