Image

Astaga! Tarif Hotel Naik 10 Kali Lipat Jelang Pertemuan IMF-Bank Dunia

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 23 Mei 2017, 12:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 23 470 1697737 astaga-tarif-hotel-naik-10-kali-lipat-jelang-pertemuan-imf-bank-dunia-pkfq80gf6z.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah annual meeting World Bank dan IMF 2018 di Bali. Acara tersebut ternyata menjadi ajang cari untung para pemilik hotel di Bali dengan menaikkan tarif berkali lipat.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman sekaligus Ketua Penyelenggara Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, hampir 12 ribu sampai 15 ribu orang akan hadir dalam acara pertemuan World Bank dan IMF. Guna menyambut dan menyukseskan acara, persiapan pun dilakukan sejak sekarang. Namun, khusus untuk hotel atau tempat menginap, para pemilik mulai mempermainkan harga.

"Hotel, meman masih ada pemilik hotel yang aji mumpung menaikkan harga sampai 10 kali. Keterlaluan juga. Ini enggak benar," ujarnya di kantornya, Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Sebenarnya, persiapan secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Misalnya saja persoalan sampah di Bali yang sudah 40 meter tingginya di 32 hektare (ha) lahan. Hal ini nantinya akan ditenderkan untuk mendapatkan siapa pengelola sampah di Bali.

"Ini kita finalisasi dalam dua bulan ke depan. Kita harap September landscape sudah diselesaikan, sehingga sampah tidak seperti sekarang, jorok," ujarnya.

Selain itu, pemerintah tengah mempersiapkan lima tourist destination untuk para peserta annual meeting yang datang ke Indonesia. Seperti, Danau Toba, Borobudur-Karimun Jawa, Labuan Bajo, Tanah Toraja, dan tuan rumah Bali.

"Nah itu semua sedang dipersiapkan. Memang akan ada dana ekstra yang diperlukan, tapi saya lihat tidak terlalu jadi masalah," tandasnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini