nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TIPS KARIER: Cermati 7 Hal Sebelum Resign

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 28 Mei 2017 23:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 28 320 1701657 tips-karier-cermati-7-hal-sebelum-resign-M0F79A7vH2.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ketika Anda mengundurkan diri dari pekerjaan Anda, penting untuk mengundurkan diri dengan profesional. Perlu bagi karyawan untuk memberikan pemberitahuan yang memadai kepada atasan, dengan menulis surat pengunduran diri resmi.

Berikut adalah  langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum Anda mengundurkan diri. Kapan harus beri tahu manajer Anda, bagaimana menulis surat resmi pengunduran diri, dan apa yang harus dilakukan sebelum mengundurkan diri terangkum dalam artikel di bawah ini sebagaimana dilansir dari laman The Balance.

Pertimbangan pengunduran diri

Berpikir tentang pengunduran diri tidak selalu mudah. Bahkan jika Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, benci bos Anda dan tidak bisa menunggu untuk memulai pekerjaan baru, pengunduran diri harus dilakukan dengan banyak pertimbangan. Bahkan jika Anda akan dipecat, Anda tetap harus mengundurkan diri dengan bijaksana. Hal ini bahkan lebih sulit jika Anda menyukai pekerjaan Anda, tetapi telah memutuskan waktunya untuk perubahan.

Temukan alasan pengunduran diri

Membenci pekerjaan, tidak menjadi alasan yang cukup baik untuk berhenti kecuali Anda memiliki pekerjaan lain yang sudah menunggu Anda. Carilah alasan yang sah untuk berhenti dari pekerjaan Anda. Termasuk keadaan di luar kendali Anda, yang membuat keluar dari pekerjaan menjadi satu-satunya pilihan.

Memberitahukan kepada atasan dua minggu sebelumnya

Memberikan pemberitahuan pengunduran diri dalam dua minggu sebelumnya adalah aturan standar ketika hendak mengundurkan diri dari pekerjaan. Beberapa perusahaan mungkin menerapkan aturan lebih dari dua bulan.

Hal yang harus dilakukan sebelum mengajukan resign

Sebelum Anda mengirimkan pemberitahuan pengunduran diri Anda ke bos Anda, pastikan Anda siap untuk hal tersebut. Tidak perlu melakukan hal yang mencolok, seperti mengambil foto Anda dari meja, tetapi Anda dapat diam-diam membersihkan meja Anda dan membersihkan komputer Anda.

Pastikan untuk menyimpan file yang Anda perlukan di Google Drive, atau di tempat lain secara online, atau email salinan untuk diri sendiri. Pasalnya, Anda tidak memiliki akses ke komputer setelah Anda mengundurkan diri. Jadi memiliki salinan dari semua file yang Anda butuhkan sebelum Anda memberi tahu atasan Anda bahwa Anda akan mengundurkan diri.

Buat surat pengunduran diri

Menulis surat pengunduran diri adalah hal yang penting, karena biasanya tidak mudah untuk mengundurkan diri dan tetap menjalin hubungan baik dengan perusahaan yang Anda tinggalkan. Terlebih jika Anda membenci pekerjaan Anda dan tidak bisa menunggu untuk memulai pekerjaan baru, mengundurkan diri dengan profesional adalah hal yang sulit.

Surat pengunduran diri yang ditulis dengan baik dapat membantu memastikan pengunduran diri Anda berjalan lancar. Cobalah untuk melihat contoh surat pengunduran diri, sehingga Anda dapat menyusun surat pengunduran diri yang baik. Perlu diingat, suatu saat Anda mungkin perlu referensi dari atasan Anda sekarang. Jadi, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk menulis surat pengunduran diri secara profesional.

Buat daftar checklist

Ketika Anda hendak mengundurkan diri dari pekerjaan, penting untuk memeriksa kompensasi, gaji terakhir, jatah libur, dan rencana pensiun. Membuat daftar dari hal – hal ini membantu Anda untuk memastikan hal yang sudah terpenuhi dan yang harus diurus sebelum Anda resign.

Bagaimana menyampaikan kepada atasan Anda

Anda tidak yakin dengan apa yang harus dikatakan kepada atasan Anda ketika hendak mengundurkan diri? Apapun alasannya, pilih cara yang tepat untuk menyampaikan alasan itu.

Jika Anda melakukan kesalahan pendekatan dalam menyampaikan alasan Anda maka Anda harus menerima konsekuensinya dalam jangka panjang.

Berhenti pekerjaan melalui telepon bukan cara terbaik untuk mengajukan resign. Begitu pula memberitahukan pengunduran diri Anda melalui email. Kecuali, dua cara tersebut adalah cara terakhir yang dapat Anda tempuh.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini