Share

Siapkan Capex USD100 Juta, Indonesia Transport & Infrastruktur Beli Pesawat Baru

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 29 Mei 2017 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 29 278 1702266 siapkan-capex-usd100-juta-indonesia-transport-infrastruktur-beli-pesawat-baru-DttFljQCMA.jpg RUPS Indonesia Transport. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Indonesia Transport & Infrastruktur Tbk (IATA) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar USD100 juta. Dana tersebut akan dialokasikan untuk membeli pesawat baru.

Wakil Presiden Direktur Indonesia Transport & Infrastruktur Wishnu Handoyono mengatakan, perseroan akan melakukan regenerasi pesawat sesuai dengan ketetapan yang diberikan SKK Migas. Selain itu juga untuk pemenuhan kebutuhan kontrak baru tahun ini.

"Regenerasi pesawat, semester kedua tahun ini baru banyak tender pesawat charter. Sementara, pesawat paling lama buat tender tahun 2010 sesuai ketentuan SKK Migas," terangnya dalam papara publik di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Wishnu mengatakan bahwa sumber pendanaan capex merupakan konsolidasi dari kas internal perseroan dan pendanaan pihak ketiga. Untuk pendanaan pihak ketiga, perseroan telah mendapatkan persetujuan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB). Akan tetapi, Wishnu belum dapat menentukan instrumen yang digunakan perseroan untuk mendapatkan pendanaan ini.

"Kita bisa pakai berbagai instrumen, obligasi, medium term notes (MTN). Kita juga belum putuskan tendernya, belum mulai, biasanya semester kedua, lalu kita lakuan pemilahan instrumen mana yang terbaik, biasanya 30% dari kas internal, 70% pinjaman bank," tutur Wishnu.

Sekadar informasi, sepanjang 2016 perseroan berhasil meraup pendapatan sebesar USD16,27 juta. Di samping itu, perseroan juga telah berhasil mengaplikasikan efisiensi dalam kegiatan operasional. Hal ini dapat dilihat dari EBITDA perseroan pada 2016 yang positif yakni USD 2,48 juta atau 15,29% dari pendapatan usaha. Sedangkan pada 2015 perseroan mengalami EBITDA negatif sebesar USD1,51 juta.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini