Dukung Pemerintah, MNC Life Fokus ke Asuransi Sektor Mikro

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 29 Mei 2017 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 29 320 1702300 dukung-pemerintah-mnc-life-fokus-ke-asuransi-sektor-mikro-iqTBFYOxR5.jpg MNC Life iLucky (Foto: Dedy Afrianto/Okezone)

JAKARTA - PT MNC Life Assurance (MNC Life) telah mengalami peningkatan raihan premi hingga 117% pada kuartal pertama 2017. Capaian ini tidak terlepas dari fokus produk yang ditawarkan ke tengah-tengah masyarakat.

"Misalnya untuk yang di atas income-nya kita punya produk, yang untuk unit link kita punya, di bawahnya lagi misalnya mikro kita punya produk yang simpel, yang sederhana. Kita juga ada baru kemarin kita kerjasama dengan salah satu bandara di Indonesia, kita cuma tiga hari cover terjual 20 ribu, dapat sekitar Rp100 juta," kata Chief of Distribution Officer MNC Life Aldi Rinaldi saat ditemui usai acara Grand Launching iLucky Reseller Program di Gedung MNC Financial Center, Jakarta, Senin (29/5/2017).

MNC Life pun pada tahun ini akan fokus pada penjualan polis untuk sektor mikro. Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah guna meningkatkan produk asuransi pada sektor mikro.

"Ini suatu channel distribusi yang akan saya kembangkan sehingga saya ingin agresif di bagian mikro, karena salah satu pesan dari pemerintah bagaimana ini bisa sampai ke bawah. Bagaimana bisa mudah diklaim," jelasnya.

Menurutnya, penjualan polis pada sektor mikro bisa saja berhasil dengan syarat dapat melakukan penjualan secara kreatif. Penjelasan secara sederhana pun perlu diberikan kepada masyarakat.

Sektor mikro sendiri tidak memberikan keuntungan besar dari sisi premi yang diperoleh. Namun, hal ini perlu dikembangkan agar masyakarat nantinya dapat memiliki asuransi yang dapat memberikan jaminan dengan klaim yang mudah.

"Kalau mikro sendiri sih dari sisi premium kita enggak bisa ngomong terlalu besar itu memang kecil-kecil preminya. Tapi kalau dari segi number of polis yang kita keluarkan cukup tinggi. Sekarang aja di kuartal pertama kita sudah hampir keluarkan 10 ribu dari retail. Tapi memang itu yang membuat asuransi yang sehat. Kita melihat produk kita mulai masuk ke segmen medium, low. Sesuai pesan pemerintah sebisa mungkin perusahaan asuransi ini peduli dengan masyarakat kecil," jelasnya.

Saat ini, kontribusi asuransi unit link memang masih mendominasi. Hanya saja, MNC Life juga terus mengembangkan sektor tradisional untuk mengejar target premi tahun ini.

"Tradisional dan unit link, tentu sekarang masih dikuasai unit link. Tapi kita berusaha untuk mengembalikan yang tradisional. Cuma sekarang market bergeraknya masih di unit link. Saya kira semuanya sama. Jadi 70%:30% masih di unit link," ungkapnya.

Sektor retail juga tercatat masih cukup potensial untuk dikembangkan. Hal inilah yang akan menjadi target ke depannya bagi MNC Life agar dapat mendukung program pemerintah.

"Saya punya tim sendiri. Saat ini kita punya 70% non-agency dan 30% agency karena juga sekarang membangun agency MNC Life dari awal. Dari 70% non-agency, 20% sampai 30% datang dari retail kontribusinya sampai saat ini," tutupnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini