nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah GT Karang Tengah, Jasa Marga Siap Bongkar GT Cibubur-Cimanggis

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 30 Mei 2017 16:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 30 320 1703498 setelah-gt-karang-tengah-jasa-marga-siap-bongkar-gt-cibubur-cimanggis-Kagos5werd.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka memperlancar arus mudik dan balik ditambah masa libur Lebaran 2017, PT Jasa Marga (Persero) berencana membongkar Gerbang Tol (GT) Cibubur-Cimanggis. Dengan dibongkarnya GT ini, aktivitas lalu lintas di Tol Jakarta-Bogor-Ciawai (Jagorawi) semakin lancar.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, beberapa sistem transaksi yang menghambat utamanya untuk arus mudik mulai dibenahi. Seperti di GT Karang Tengah yang menghubungi Jakarta-Merak yang sudah dibongkar.

"Jalur-jalur kritis seperti ini juga akan dilakukan lagi. GT Cibubur-Cimanggis akan dibongkar untuk memperlancar arus Jagorawi," ujarnya dalam rapat kerja terkait angkutan Lebaran dengan Komisi VI, di DPR RI, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Desi pun meminta izin kepada Komisi VI untuk rencana tersebut. Dia menjelaskan, pembongkaran dilakukan bukan karena sebagai jalur arus mudik, tapi jalur ini akan menjadi jalan utama menuju tempat wisata karena adanya masa libur Lebaran 2017.

"Jadi kami sampaikan di sini akan dilakukan pembongkaran pada 20 Juni. Kami harapkan bisa memperlancar," tuturnya.

Selain mengurangi atau membongkar GT, Jasa Marga dalam masa Lebaran menyiapkan sejumah GT baru. Seperti di GT Cikarang Utama, gardu masuk ditambah 20 dan arah menuju Jakarta ditambah 30. Jumlah ini pun lebih banyak bila dibandingkan 2016 yang hanya 37 gardu.

"Di Semarang juga kami tambah 16 gardu, 8 masuk dan 8 keluar. Di Pemalang juga jadi 16, kita harapkan ini memperlancar transaksi selama Lebaran. Kemudian kami juga mengimbau dan berharap pengguna jalan menggunakan e-toll. Kami akan berikan diskon 20% untuk yang menggunakan itu selama H-3 sampai H+6," tuturnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini