Hemat Rp16 Triliun, Jokowi Minta Perjalanan Dinas Dikurangi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 30 Mei 2017 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 30 320 1703681 hemat-rp16-triliun-jokowi-minta-perjalanan-dinas-dikurangi-9Sc59bzJux.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: ANT)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan rapat terbatas untuk membahas anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (APBNP) 2017. Dalam rapat terbatas ini, Jokowi sempat menyoroti penghematan belanja anggaran.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Jokowi meminta kementerian atau lembaga untuk melakukan penyisiran anggaran.

"Presiden juga menyampaikan bahwa kementerian, lembaga harus menyisir kembali belanja-belanja yang sifatnya belanja barang, yang utamanya untuk perjalanan dinas dan lain-lain," kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Diperkirakan, penyisiran anggaran ini dapat menghemat belanja negara hingga Rp16 triliun. Hal ini pun dapat menutup potensi penurunan penerimaan, khususnya dari penerimaan pajak.

"Kami memperkirakan ada sekitar Rp16 triliun yang bisa kita sisir dari belanja barang itu, yang kemudian nanti akan dialokasikan bersama-sama dengan penurunan Rp15 triliun," jelasnya.

Nantinya, APBNP akan disusun dan dilaporkan oleh pemerintah kepada DPR RI. Penyampaian APBNP akan dilakukan pada awal Juni.

"Kami masih menyusun APBNP ini yang nanti akan disampaikan ke dewan pada awal Juni, yaitu sekitar tanggal 5," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini