nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Desain Pembangunan Jembatan Bulungan-Tarakan Selesai 2018

ant, Jurnalis · Selasa 30 Mei 2017 11:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 30 470 1703055 desain-pembangunan-jembatan-bulungan-tarakan-selesai-2018-6o8o7afmiJ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

NUNUKAN - Pemerintah pusat merespons rencana pembangunan Jembatan Bulungan-Tarakan yang dikenal Jembatan Bulan yang diprogramkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sejak beberapa tahun lalu dengan desainnya dirampungkan 2018.


“Pembangunan Jembatan Bulan ini akan menghubungkan daratan Pulau Kalimantan melalui Kabupaten Bulungan dengan Pulau Kota Tarakan dengan panjang sekira 7 kilometer,” kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Selasa (30/5/2017).

Menurutnya, respons pemerintah pusat melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah menyetujui alokasi anggaran pembuatan desain jembatan tersebut.

Gubernur Irianto Lambrie menyatakan, rencana pendanaan pembuatan desain Jembatan Bulan dipastikan rampung 2017 karena telah dialokasikan dalam APBN. Ia memperkirakan, penyusunan desainnya dimulai pada 2018. Setelah itu, dana pembangunannya akan dianggarkan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pembuatan desainnya diperkirakan memerlukan waktu satu—dua tahun, mengingat di dalamnya menyangkut feasibility study, analisa mengenai dampak lingkungan (amdal), penyelidikan air, tanah, dan sebagainya.

Jembatan itu nantinya dapat pula dimanfaatkan untuk pipanisasi sistem penyediaan air minum regional dari daratan Pulau Kalimantan menuju Pulau Tarakan dan Pulau Bunyu dan jaringan listrik yang akan dibangun di Peso, Kabupaten Bulungan.

"Jembatan Bulan ini nantinya multifungsi, yaitu dapat menjadi pemasangan pipanisasi SPAM dan jaringan listrik yang berasal dari daratan Pulau Kalimantan menuju Pulau Tarakan dan Pulau Bunyu," tandas Gubernur Kaltara.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini