nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bangunan Karya Zaha Hadid yang Paling Terkenal di Dunia

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 03 Juni 2017 00:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 02 470 1705872 5-bangunan-karya-zaha-hadid-yang-paling-terkenal-di-dunia-9DM4YHpkUC.jpg Foto: Archdaily

JAKARTA - Hari ini genap satu tahun mendiang arsitek kenamaan dunia Zaha Hadid meninggal dunia. Selama hidupnya, Zaha Hadid meraih pencapaian sebagai wanita pertama yang memenangkan gelar bergengsi di bidang arsitektur dunia yaitu, Pritzker Architecture Prize.

Maka tidak heran jika Google pun turut mengenang jasa arsitek Inggris berdarah Irak melalui pemasangan doodle pada mesin pencariannya beberapa waktu lalu. Berikut ini bangunan-bangunannya.

1. Heydar Aliyev Center di Baku, Azerbaijan

Ruang konferensi sekaligus museum seni kontemporer yang terletak di jantung kota Baku, Azerbaijan, merupakan salah satu hasil rancangan Zaha Hadid yang paling terkenal di dunia. Berkat bangunan ini pula, dirinya mendapatkan penghargaan Design Museum of the Year 2014. Bahkan karena begitu ikoniknya , Heydar Aliyev Center dijadikan simbol kebanggaan negara Azerabaijan

2. Guangzhou Opera House, Guangzhou, China

Dewan Kota Guangzhou menggandeng Zaha Hadid untuk membangun sebuah gedung pertunjukan opera yang tidak biasa. Guangzhou Opera House berhasil memadukan material kaca, baja, dan beton sebagai kesatuan yang humanis.

3. Stasiun Kereta Hungerburgbahn, Innsbruck, Austria

Hungerburgbahn merupakan stasiun kereta api berdesain paling futuristis. Jika saja tidak ada rangkaian kereta api yang lalu lalang di dalamnya, niscaya banyak orang akan menganggapnya sebagai bangunan museum karena desainnya yang sangat kontemporer. Stasiun ini juga memiliki latar belakang pemandangan yang indah yaitu pemandangan salju yang berpadu dengan sedikti hutan pinus.

4. Maxxi Museum, Roma, Italia

Selesai pada 2010, galeri Maxxi dibangun di atas lima tiang yang sangat tipis. Desainnya mengacu pada periode Hadid sebelumnya, dengan kontras antara putih dan hitam.

5. The Riverside Museum, Glasgow, Skotlandia

Atapnya yang berbentuk zig-zag seakan-akan menyatu dengan gelombang riak air Sungai Clyde yang berada tepat di sampingnya. Bukan hanya dari sisi eksterior, kesan dinamis serupa juga diterapkan oleh Hadid di bagian interior dan aneka instrumen pelengkapnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini