nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TIPS KARIER: Pentingnya Kehadiran Mentor dalam Karir Anda!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 04 Juni 2017 23:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 04 320 1707261 tips-karier-pentingnya-kehadiran-mentor-dalam-karir-anda-My0lZ01CRC.jpg (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Kata "mentor" telah berakar dalam mitologi Yunani, tapi pentingnya konsep mentor ini untuk kesuksesan karir bukanlah mitos. Kolega yang berpengalaman, yang dikenal sebagai seorang mentor, dapat memberikan bantuan yang sangat berharga bagi Anda ketika mulai karier dan untuk sukses meniti karier.

Ketika Anda mulai karier, Anda jelas hanya tahu sedikit. Jangan berkecil hati, Anda tidak seorang diri, hanya kurangnya pengalaman. Anda mungkin akan membuat banyak kesalahan dan kehilangan banyak kesempatan, tetapi Anda dapat membatasi seberapa sering hal ini terjadi dengan menemukan seorang mentor tepat untuk Anda.

Anda dapat membentuk hubungan dengan seorang rekan berpengalaman yang bersedia untuk berbagi pengalamannya. Seorang mentor dapat memandu Anda melalui situasi yang rumit dan dapat memberikan wawasan yang berguna tentang kemajuan karir Anda. Jangan khawatir hal ini akan memberatkan dirinya, karena mentor Anda dapat mengasah keterampilan kepemimpinan dengan membantu Anda.

Apa yang mentor lakukan untuk Anda?

• Dia dapat membantu Anda mengatasi situasi rumit yang mungkin Anda temukan di tempat kerja dan dapat memberikan saran tentang bagaimana mengatasinya. Apa pun yang Anda hadapi dia telah mengalami hal yang sama.

• Dia dapat membantu memperluas jaringan Anda, misalnya dengan memberikan undangan kepada Anda untuk acara tertentu dan memperkenalkan Anda kepada orang-orang berpengaruh di bidang Anda.

• Mentor Anda dapat memberikan Anda kesempatan kerja baru, dimana hanya orang-orang di posisinya yang tahu akan informasi tersebut.

• Ia akan tahu keterampilan yang akan membantu Anda melakukan pekerjaan lebih baik dan dapat memberitahu Anda bagaimana untuk mendapatkan nya.

• Jika atasan Anda menawarkan promosi atau Anda mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan lain, mentor Anda dapat membantu Anda memutuskan untuk mempertimbangkannya.

Bagaimana menemukan seorang Mentor?

Sekarang Anda telah belajar apa yang seorang mentor dapat lakukan untuk Anda, Anda mungkin ingin menemukan mentor sesegera mungkin.

Jika Anda cukup beruntung untuk bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki program pementoran yang formal, Anda mungkin akan cocok dengan salah satu dari mereka ketika Anda memulai pekerjaan Anda. Beberapa atasan lain, memiliki program seperti itu hanya bagi mereka yang bertanya. Departemen sumber daya manusia dapat mengarahkan Anda jika Anda berminat untuk hal tersebut.

Jika perusahaan tempat Anda bekerja tidak memiliki program resmi, maka Anda akan harus mencari seorang mentor sendiri. Ingat seorang mentor tidak harus bekerja untuk perusahaan yang sama. Berkonsultasi dengan orang – orang di jaringan Anda untuk melihat apakah ada orang bersedia untuk mengambil peran tersebut.

Tips menjalin hubungan yang lancar dengan mentor Anda

• Pilihlah mentor yang tujuan serupa dengan Anda sendiri.

• Temukan seseorang yang dalam bidang karir yang sama Anda.

• Pastikan mentor Anda memiliki cukup waktu untuk memberikan hubungan ini. Apakah dia bisa bertemu dengan Anda secara teratur? Apakah dia dapat menjawab pertanyaan atau membantu dengan permasalah yang ada?

• Jangan menunggu seseorang untuk menawaran diri. Karena Anda adalah orang yang akan menuai banyak manfaat dari hubungan mentor ini, ambillah langkah awal dalam membangun kontak dengan seseorang yang Anda pikir akan menjadi penasihat yang baik.

• Anda harus membuat waktu untuk bertemu. Misalnya, jika mentor Anda ingin bertemu dengan Anda sebelum atau setelah bekerja, jangan membuat alasan terlalu sibuk atau lelah.

• Akhirnya, menghormati mentor Anda dengan sedikit imbalan ke depan dan lakukan untuk orang lain apa yang dia lakukan untuk Anda.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini