nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkembangan Perumahan Kota Bogor Kian Bergeser Dekati Jakarta

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 05 Juni 2017 11:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 05 470 1707684 perkembangan-perumahan-kota-bogor-kian-bergeser-dekati-jakarta-3gV7P0A5Xb.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Bogor merupakan salah satu kota yang menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal. Udaranya yang sejuk dan nyaman serta letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta menjadi faktor penting Bogor selalu diminati oleh masyarakat.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan perkembangan properti seperti perumahan di Kota Bogor sudah tidak lagi terjadi di tengah kota. Menurutnya, arah properti residensial sudah bergeser ke kawasan yang terletak di antara Jakarta dan Bogor.

“Pertumbuhan properti residensial seperti perumahan banyak terdapat di pinggir Kota Bogor. Kalau kita lihat perkembangan perumahan mengarah di lokasi-lokasi antara Jakarta dan Bogor," ujarnya melalui media sosial, Senin (5/6/2017)

Ali menambahkan, meskipun arah properti residensial Kota Bogor mulai bergeser ke kawasan pinggiran, perkembangan itu semua tergantung dari letak strategis lokasi daerah karena tidak semuanya bisa bagus.

"Tetapi perkembangan perumahan di pinggir Kota Bogor juga tergantung pada lokasinya. Kawasan seperti Cimanggis, Cibubur, dan Sentul perkembangan properti hunian justru lebih bagus," jelasnya.

Melesatnya daerah-daerah seperti Cimanggis, Cibubur, hingga Sentul, terjadi karena ditunjang banyak sekali infrastruktur transportasi publik. Salah satunya adalah proyek pembangunan light rapid transit (LRT) yang dibangun di kawasan tersebut hingga ke Bogor.

"Masuknya LRT sampai Bogor menjadi magnet baru pengembangan kawasan di luar Kota Bogor," kata Ali.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini