Image

Seleksi Dewan Komisioner OJK, Heru Kristiyana Ingin Integrasikan Bank Kecil

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017, 16:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 06 320 1709122 seleksi-dewan-komisioner-ojk-heru-kristiyana-ingin-integrasikan-bank-kecil-xV9n2Ttzii.jpg Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lewat Komisi XI kembali menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon kandidat dewan komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk yang pertama fit and proper test dilakukan pada Heru Kristiyana sebagai calon kepala eksekutif pengawas perbankan.

Dalam paparannya, Heru mengatakan bahwa akan melakukan pengembangan bank-bank kecil dengan melakukan integrasi dengan bank-bank besar.

"Misalnya, bank-bank besar menjadi bapak angkat. BCA dalam penyaluran kreditnya bisa bekerja sama dengan BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Jadi bisa hidup dan efisiensikan diri. Saya yakin enggak semua bank besar bisa melayani nasabah yang kecil," tuturnya di Ruang Rapat Komisi XI, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Heru melanjutkan, dengan integrasi seperti ini maka bank-bank kecil bisa meningkatkan kinerjanya dan bank-bank besar mampu menjual kelebihan teknologinya informasi kepada bank-bank kecil.

"BCA enggak akan mampu melayani nasabah kecil di Maluku. Alangkah baiknya jika bisa menjadi bapa angkat bank-bank kecil, supaya lebih hidup," tuturnya.

Selain melakukan integrasi, Heru berencana menyatukan seluruh Bank Pembangunan Daerah (BPD) sehingga mempunya daya saing untuk berkompetisi.

"Misalnya nanti teman-teman di Irian tidak perlu kemana-mana enggak perlu bangun IT. Kalau 25 BPD bersatu kan bisa efisien," ujarnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini