Image

Pembangunan Bandara di Belitung Diserahkan kepada Angkasa Pura II

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017, 18:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 06 320 1709249 pembangunan-bandara-di-belitung-diserahkan-kepada-angkasa-pura-ii-DC1TaGd9fY.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pembangunan Bandara HAS Hanadjoedin di Tanjung Pandan telah dikeluarkan dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Nantinya, pembangunan bandara ini akan diserahkan kepada PT Angkasa Pura II oleh pemerintah.

"Isunya di situ pemerintah pusat mau menarik diri dari Bandara Belitung, itu tidak tepat, yang benar memang Bandara Belitung itu dikeluarkan dari PSN. Namun rencana kita adalah kita transfer ke Angkasa Pura II dan itu mohon maaf kepada pemerintah dulu, itu akan jauh lebih baik," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

PT Angkasa Pura II pun telah siap untuk melakukan pembangunan bandara. Hanya saja, terdapat kendala teknis yang nantinya harus segera diselesaikan.

"Karena BUMN akan lebih cepat, sampai kemarin sore saya sudah recheck ke Dirut AP II, bahkan sudah ada alokasi oleh mereka sebesar Rp300 miliar, tapi masalahnya belum dipindahkan ke sana. Mengapa belum dipindahkan ke Angkasa Pura, karena itu bentuknya UPT, dia masih di bawah kemenhub dengan status UPT," jelasnya.

Pembahasan pun telah dilakukan dengan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Dengan begitu, diharapkan pembangunan bandara ini dapat segera dilakukan.

"Kalau UPT enggak boleh kerjasama dengan orang lain, statusnya harus BLU (Badan Layanan Umum). Tadi saya sudah ngomong ke Wamenkeu agar dipercepat Bandara Belitung menjadi BLU, kerjasama dengan AP II sudah bisa dilaksanakan," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini