Image

Terungkap! Separuh Komisaris BUMN Rangkap Jabatan

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017, 12:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 07 320 1709728 terungkap-separuh-komisaris-bumn-rangkap-jabatan-R6wqGSNU28.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menemukan fenomena memprihatinkan di mana banyak pegawai negeri sipil (PNS) yang merangkap jabatan sebagai komisaris badan usaha milik negara (BUMN).

Data yang ditemukan ORI, dari 144 unit yang dipantau dengan total 541 komisaris, ditemukan ada 222 komisaris BUMN yang merangkap jabatan sebagai pelaksana pelayanan publik (PNS aktif).

“Kita belum bicara di daerah-daerah yang tidak kalah situasinya. Misalnya di Kaltim, mayoritas kadis dan kepala biro eselon II di daerah rangkap jabatan BUMD. Diketahui bahwa dari 21 komisaris BUMD ternyata 16 di antaranya diisi oleh pelaksana pelayanan publik di sana,” tegas Ketua ORI Amzulian Rifai dalam diskusi “Rangkap Jabatan PNS dan Komisaris BUMN” di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, kemarin.

Amzulian mengungkapkan, dalam Pasal 17 a UU Nomor 25/2009 tentang Pelayanan Publik dijelaskan bahwa pelaksana pelayanan publik dilarang merangkap jabatan di BUMN. Namun faktanya, banyak pelaksana pelayanan publik yang rangkap jabatan.

Menurut Amzulian, ada lima alasan mengapa rangkap jabatan dilarang. Pertama, karena tugas pelayanan publik berpotensi terabaikan. Kedua, rangkap jabatan akan memicu konflik kepentingan. Ketiga, rangkap jabatan rawan intervensi. Keempat, double income memicu kecemburuan sosial. Dan kelima , rangkap jabatan mengorbankan kapabilitas dan kompetensi.

“Bayangkan misalnya dirjen di Kementerian PU merangkap jadi komisaris perusahaan dan kemudian perusahaan itu ikut tender. Bayangkan bagaimana kepentingan terlihat,” ujarnya.

Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tasdik Kinanto mengatakan, rangkap jabatan ini memang masalah lama yang hingga kini terus terjadi. Patut disayangkan, ujarnya, sumber dari rangkap jabatan itu banyak di BUMN.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini