Tidak Cabut Lisensi Qatar Airways, Menhub: Kita Hanya Berikan Alternatif Penumpang!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 07 320 1709928 tidak-cabut-lisensi-qatar-airways-menhub-kita-hanya-berikan-alternatif-penumpang-rVHrCLHexj.jpg oke

JAKARTA - Beberapa waktu lalu beredar kabar tentang pencabutan lisensi Qatar Airways dari Menteri Perhubungan Budi Karya. Hal ini disebabkan karena pemutusan hubungan diplomatik beberapa negara Arab terhadap Qatar turut berdampak pada dunia penerbangan.

Budi Karya kembali mengklarifikasi pemberitaan ini. Menurutnya, pemerintah tidak melakukan pencabutan lisensi penerbangan untuk maskapai asal Qatar tersebut.

"Enggak ada kita, kemarin salah kutip saja. Kita cuma merespons karena di Saudi tertutup maka kita memberikan alternatif penumpang naik apa. Enggak ada kita menutup atau apa, karena penerbangan ke kota lain tetap kita jalankan," kata Budi Karya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Hanya saja, pemerintah memang mencari penerbangan pengganti bagi para penumpang yang telah memesan tiket untuk perjalanan umrah dengan menggunakan maskapai asal Qatar. Pasalnya, ruang udara yang terdapat di Arab Saudi, Mesir, Bahrain, dan Uni Emirat Arab (UEA) tidak dapat dilalui oleh maskapai asal Qatar.

"Karena ada umrah, banyak umrah kita harus sigap, penumpang kan kalau bisa enggak boleh menginap. Pak Dirjen sigap kemarin yang dari Indonesia sudah langsung dipakai Saudi Airlines, hari berikutnya Garuda Indonesia, pakai Turkish Airlines, itu yang kita maksud mensubstitusi menggantikan jenis airline yang digunakan," jelasnya.

Koordinasi nantinya juga akan dijalin dengan Kementerian Pariwisata. Diharapkan, keadaan ini tidak akan berdampak negatif bagi pariwisata di Indonesia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini