Qatar Dikucilkan, Menko Darmin: Jamaah Umrah dan Haji Terkena Pengaruh Sedikit

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 07 320 1710385 qatar-dikucilkan-menko-darmin-jamaah-umrah-dan-haji-terkena-pengaruh-sedikit-mvv1jQ5jJe.jpg Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut pemutusan diplomasi Qatar oleh negara Arab dan koalisinya tidak memengaruhi sisi perdagangan khususnya sektor minyak dan gas bumi (migas).

Dia mengatakan, perdagangan Indonesia dengan Qatar yang dominan itu terutama gas. Jika dilihat dari proses pengiriman gas Indonesia-Qatar sudah pasti tidak ada gangguan siapapun,  karena gas itu diekspor melalui teluk.

"Itu perairan internasional sehingga perdagangan kita tetap berjalan, kalau di luar itu enggak banyak. Jadi kelihatannya tidak banyak pengaruh karena ini diplomatik bukan perdagangan," ujarnya, di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Sementara itu, dari sisi wisatawan atau turis memang yang terkena pengaruh adalah jamaah umrah atau haji dari Indonesia. Tapi, jika memang ada kendala dari maskapai, pasti ada pengurusan untuk berpindah maskapai lain.

"Jadi itu kan diurus juga. Sedangkan turis di luar itu enggak banyak dari Qatar-nya sendiri, ada tapi enggak signifikan lah," ujarnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini