4 Trik Kerja Cepat Tanpa Mengorbankan Kualitas

Agregasi Jum'at 09 Juni 2017 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 09 320 1711696 4-trik-kerja-cepat-tanpa-mengorbankan-kualitas-sb602sQ41a.jpg Ilustrasi (Foto: Flickr)

BEKERJA cepat tanpa harus meninggalkan kualitas memang tantangan tersendiri. Untuk itu, siasati dengan cara berikut ini.

Setiap hari kita bekerja sambil berpacu dengan waktu. Kita membutuhkan keterampilan untuk bisa bekerja dengan lebih cepat.

Masalahnya, ketika orang bekerja cepat, maka mereka akan mengorbankan kualitas. Banyak hal detail yang luput dari perhatian ketika orang menyelesaikan tugas dengan terburu-buru.

Maka, Anda harus bisa mengatur waktu dengan lebih baik agar hari Anda tidak sia-sia. Berikut teknik kerja cepat tanpa mengrbankan kualitas seperti disarikan dari Forbes.com.

Menggunakan timer saat mengerjakan tugas utama

Jika Anda tidak menetapkan target waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, maka pekerjaan mungkin tidak akan pernah berakhir. Anda selalu membutuhkan waktu lebih banyak untuk melengkapi, mengevaluasi, sampai merampungkan tugas. Sehingga Anda tidak beranjak ke tugas lainnya. Namun, jika Anda tegas dan menetapkan waktu untuk satu pekerjaan, maka Anda akan bekerja lebih cepat. Sebab, Anda akan berlomba dengan waktu. Anda akan mengeluarkan upaya maksimal untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sebagai bonus, jika Anda menantang diri sendiri, dan berhasil menaklukannya, maka Anda akan merasa lebih baik. Dengan kata lain Anda akan bekerja lebih efektif dan bahagia.

Berpura-pura dan menganggap jam kerja berakhir pukul 11.00

Saat memulai pekerjaan di awal hari, bersikaplah seolah-olah Anda tidak bisa bekerja setelah pukul 11 siang. Pikirkan bahwa Anda harus pulang ke rumah pada tengah hari karena ada keperluan di luar kantor, sedangkan ada tugas mendesak yang harus diselesaikan. Kalau Anda berada di situasi demikian, apa yang akan dilakukan? Anda akan membuat catatan kecil dan mengerjakan tugas penting sesegera mungkin. Teknik “jam 11 siang” adalah ide yang brilian, sebab itu akan memaksa Anda mengambil tindakan cepat untuk hal-hal penting.

Kebanyakan pegawai tidak melakukan apapun yang penting sejak pagi hingga jam 11.00 menjelang siang. Mereka mengobrol dengan rekan kerja, mengecek e-mail, mengambil kopi, dan mungkin merencanakan kegiatan harian. Kemudian mereka mengeluh karena tidak punya waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Padahal, Anda bisa memulai pekerjaan lebih pagi. Anda akan takjub dengan apa yang bisa dicapai sebelum jam 11 siang.

Bekerja di rumah selama satu jam setiap hari

Mungkin Anda adalah seorang yang merasa kalau lingkungan di tempat kerja tidak mendukung untuk menyelesaikan tugas-tugas. Sebab, Anda mendapat banyak interupsi. Entah dari rekan kerja yang berisik, atau email yang datang tanpa henti. Sementara Anda membutuhkan tempat kerja yang tenang untu bisa berkonsentrasi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengalokasikan waktu sekitar 60 menit di pagi hari untuk bekerja di rumah dalam suasana tenang. Lakukan hal ini sebelum berangkat ke kantor. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan selama mungkin dalam jangka waktu tersebut. Fokuskan tenaga Anda pada tugas yang membutuhkan pemikiran mendalam. Sementara pekerjaan lainnya bisa dilakukan di kantor. Cobalah teknik sederhana ini selama dua pekan dan Anda akan merasa kalau sebenarnya pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Melakukan tugas tidak penting selama 10 menit

Anda tidak akan pernah mencapai prestasi tertinggi jika memerlakukan tugas berat dan ringan pada level yang sama. Anda mengerjakan pekerjaan sederhana dalam waktu yang cukup lama. Kemudian Anda mengalokasikan waktu yang sama untuk tugas penting. Pada akhirnya, Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan semuanya.

Mulai sekarang Anda harus mengatur waktu lebih cerdas dan mengerjakan tugas sesuai porsinya. Perbaiki to-do-list Anda. Berikan catatan waktu untuk setiap pekerjaan. Anda harus bisa menyelesaikan tugas sederhana selama 10 menit saja. Sementara Anda meluangkan waktu lebih banyak untuk tugas berat.

Jadi, berapa kecepatan kerja Anda sebenarnya? Anda bisa gunakan keempat teknik di atas dan melipatgandakan produktivitas. Sebab Anda telah bekerja cerdas dan efektif.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini