Image

Dinilai Masih Minim, Kontribusi BPD terhadap KPR Subsidi Perlu Ditingkatkan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017, 18:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 09 470 1712217 dinilai-masih-minim-kontribusi-bpd-terhadap-kpr-subsidi-perlu-ditingkatkan-GNuQDDAcUU.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Upaya pemerintah dalam meningkatkan alokasi penyaluran kredit untuk KPR bersubsidi terus digempur. Salah satunya dengan mendorong kapasitas dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang selama ini masih sangat minim.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Lana Winayanti mengatakan, BPD seharusnya punya potensi cukup besar dalam mendukung program 1 juta rumah. Namun hingga kini kontribusinya dalam menyalurkan KPR bersubsidi baru 1,2%.

“Dikarenakan minimnya kontribusi, maka BPD perlu ekstra kerja keras dalam meningkatkan portfolio KPR FLPP. Selain itu, kami ingatkan kembali bahwa BPD merupakan pilar utama pembangunan di daerah,” melalui siaran persnya belum lama ini

Di samping itu, sambung Lana, BPD seharusnya mampu bersaing dengan bank milik negara lainnya yang telah lebih dulu menyalurkan KPR bersubsidi. Pasalnya BPD lebih memahami karakteristik masyarakat dan kearifan lokal yang ada di daerahnya.

"BPD-lah yang paling memahami karakteristik masyarakat dan kearifan lokal yang ada di daerahnya," tegasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini