Share

TIPS KARIER: Seberapa Penting, Bersikap Fleksibel pada Pekerjaan Anda?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Sabtu 10 Juni 2017 23:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 10 320 1712985 tips-karier-seberapa-penting-bersikap-fleksibel-pada-pekerjaan-anda-tJUbk6yIcH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Berkonsentrasi penuh pada pekerjaan, memang sangat penting bagi penilaian Anda. Namun, tidak selamanya Anda harus berkonsentrasi penuh, ada kalanya Anda harus bisa menjadi fleksibel untuk bertahan menghadapi masalah-masalah kerja.

Lantas, apa arti fleksibilitas kerja? Mengapa penting? Menjadi fleksibel saat bekerja sangat berguna. Karyawan yang memiliki pola pikir fleksibel, biasanya lebih dihargai oleh pengusaha. Melansir thebalance, fleksibilitas pada pekerjaan mencakup kemauan dan kemampuan untuk segera menanggapi perubahan keadaan dan harapan.

Pekerja yang memiliki orientasi fleksibel, tidak pernah mengatakan, "Ini bukan pekerjaan saya" atau "Apakah saya harus melakukannya?" Ketika mereka diminta untuk melakukan tugas baru. Karyawan yang fleksibel, akan memodifikasi pendekatan mereka terhadap tugas baru, berdasarkan preferensi pemangku kepentingan dan tuntutan unik setiap situasi.

Bagi pengusaha, jika karyawan yang bersedia keluar dari deskripsi pekerjaan mereka, berarti mereka dapat bekerja lebih baik dan mampu mengambil lebih banyak tanggung jawab, melakukan tugas yang berbeda, dan melakukan pekerjaan yang lebih banyak. Karyawan yang fleksibel, bersedia melakukan apapun yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dilakukan.

Namun, fleksibilitas juga berlaku bukan hanya untuk karyawan, namun juga pada atasan, sehingga manajemen dapat menangani karyawannya lebih baik. Manajer yang fleksibel, akan memperlakukan karyawan mereka sebagai individu, yang berusaha mengakomodasi gaya dan kebutuhan pribadi mereka dalam pola kerjanya.

Manajer yang fleksibel, akan memberi pekerjaan yang mereka yakin bisa capai. Mereka akan menilai kebutuhan karyawan dan memberikan umpan balik, bimbingan, dan pengakuan secara individu untuk mengoptimalkan kinerja karyawan tersebut.

Oleh karena itu, terlepas dari pekerjaan yang Anda lamar, akan sangat membatu jika Anda dapat menunjukkan contoh bagaimana Anda dapat bekerja secara fleksibel, dan bersedia untuk mengubah cara bekerja Anda.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini