nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembangunan Jembatan Kali Sambong Dipercepat, Menteri PUPR: Kita Pakai Fast Track

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 11 Juni 2017 10:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 11 320 1713135 pembangunan-jembatan-kali-sambong-dipercepat-menteri-pupr-kita-pakai-fast-track-SO6QSXe2yn.jpg Foto: Feby Novalius

BATANG - Proyek di Ruas Tol Batang-Semarang, Jembatan Kali Sambong (seksi I) diproyeksikan bisa dilalui secara sementara (fungsional) pada 15 Juni 2017 atau H-10 Lebaran.

Guna mengetahui progres pembangunan proyek kritis tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan pengecekan langsung. Mengenakan kemeja biru, topi, dan kaca mata hitam, Basuki tiba di Jembatan Kali Sambong pada pukul 08.45 WIB.

"Ini kita berada di Jembatan Kali Sambong yang sudah lewat Kota Batang jadi arah Semarang. Panjang 110 meter, tinggal ini paling kritis," tuturnya di Batang, Semarang, Minggu (11/6/2017).

Basuki mengatakan, untuk bisa memfungsionalkan Jembatan Kali Sambong, pihaknya memutuskan untuk menggunakan metode fast track atau percepatan waktu dan dengan menaikan kualitas beton dari K-350 menjadi K-500.

"Kita kejar Senin atau Selasa lantainya kita beton dengan fast track dan menaikan betonnya. sehingga lebih cepat bisa dimanfaatkan. Biasanya menunggu umur seminggu (kekeringan beton) tapi dengan cara menaikan betonnya bisa lebih dipercepat buat tiga hari bisa dilalui. Mudah-mudahan H-10 tanggal 15 ini yang paling kritis bisa kita lewati," ujarnya.

Nanti pada saat jalan difungsionalkan, Basuki mengatakan, seluruh jalur tidak lagi berdebu dan sisa pembangunan akan dibersihkan. "Nanti dilengkapi marka jalan, dan debu akan kita sedor dan bersihkan. Jadi semuanya disapu,"tandasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini