Image

3 Fokus Sri Mulyani di World Bank-IMF Annual Meeting 2018

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017, 13:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 13 20 1714742 3-fokus-sri-mulyani-di-world-bank-imf-annual-meeting-2018-qCAvgXIuNZ.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Indonesia akan menjadi tuan rumah World Bank-International Monetary Fund (IMF) Annual Meeting. Kegiatan ini akan dilangsungkan di Bali pada 8 hingga 14 Oktober 2018.

Pada acara berskala internasional ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani sekaligus Ketua I Panitia Nasional, telah menyiapkan sesuatu untuk difokuskan dalam acara tersebut.

Pertama, sebagai tuan rumah yang sifat event tidak hanya sangat besar, dalam pertemuan tersebut akan dilakukan pengambilan keputusan yang tidak hanya ditujukan untuk lembaga multilateral yang dihadiri oleh para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari berbagai negara. Tapi juga investment fund seluruh dunia, serta lembaga keuangan seperti regional development bank yang hadir di Indonesia.

"Jadi, sebagai host tentu impresi pertama adalah Indonesia is a country yang kita bisa present sebagai negara yang maju, punya achievement dari sisi pembangunan. Yang kita punya, tantangan pembangunan yang bisa kita share ke mereka," tuturnya, di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Kedua, lanjut Sri Mulyani, gelaran akbar yang diadakan di Bali tentu diharapkan para peserta dan delegasi bisa berjalan menarik dan terselenggara dengan baik. Untuk itu, Indonesia menyambut acara ini dengan semaksimal mungkin.

Kemudian hal ketiga yang menjadi fokus pemerintah adalah peluang untuk menarik banyak investasi. Apalagi, Indonesia telah mendapatkan investment grade dan memiliki program pembangunan dari sisi pembangunan, pendidikan, kesehatan, sosial, sampai ke infrastruktur.

"Ini bisa menjadi case untuk dipresentasikan, sehingga partisipasi dan peranan swasta sangat penting. Di sini nanti kita akan melihat bagaimana pengalaman kita sama atau tidak sama dan dalam hal ini minat baru mengenai apa yang akan mereka partisipasi bisa dilakukan," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini