nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bebaskan Lahan, Jasa Marga Cairkan Dana Talangan Rp8,7 Triliun

ant, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 14:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 13 278 1714816 bebaskan-lahan-jasa-marga-cairkan-dana-talangan-rp8-7-triliun-0yU8K9G507.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk telah mencairkan dana talangan untuk pembebasan lahan sejumlah proyek tol di Indonesia mencapai Rp8,7 triliun.

"Dari jumlah itu yang sudah dicairkan LMAN atau Lembaga Manajemen Aset Negara sebesar Rp900 miliar atau sekira 12% saja," kata Direktur Utama (Dirut) PT Jasa Marga Tbk, Desi Arryani kepada pers usai membagi 200 paket sembako ‘BUMN Hadir untuk Negeri’ di Jakarta.

Sebanyak 200 paket sembako itu merupakan bagian dari 15 ribu paket yang disiapkan 14 BUMN lain dalam program BUMN Hadir untuk Negeri di wilayah Jabodetabek.

Desi menjelaskan proses pencairan dana talangan itu oleh LMAN memang akan terus berlangsung melalui proses verifikasi dan seterusnya.

"Dari 12% yang dicairkan itu sebagian besar, contohnya untuk pembebasan lahan proyek Bogor Ring Road dan proyek lainnya, " katanya.

Sementara itu, kata Desi, perseroan dalam tiga tahun ke depan juga sedang membutuhkan pendanaan dan modal kerja dalam rangka menyelesaikan proyek konstruksi sejumlah ruas tol di Indonesia.

"Proyek yang harus kami selesaikan masih banyak. Operasi penuh sudah 15 ruas dan dari 16 ruas sisanya, lima separuh operasi dan sisanya belum sama sekali, " katanya.

Oleh karena itu, kata Desi, perseroan masih membutuhkan dana tambahan yang lumayan besar dan untuk itu masih akan diusahakan dari berbagai sumber pembiayaan.

"Apa yang kami peroleh pembiayaan dari Bank Syariah Mandiri kemarin senilai Rp1 triliun itu juga bagian dari upaya lain seperti rencana obligasi, sukuk, dan sekuritisasi aset ke pihak ketiga untuk ruas tol tertentu, " katanya.

Direktur Keuangan PT Jasa Marga Donny Arsal menyebutkan, dana perolehan pembiayaan dari Bank Syariah Mandiri itu posisinya campur dengan dana lainnya.

"Jadi, tidak ada alokasi khusus. Dana dicairkan sesuai kebutuhan dan memang sebagian besar sekira 70% untuk belanja modal serta sisanya untuk lainnya, " kata Donny.

CSR terkait dengan program BUMN Hadir untuk negeri, Desi mengakui, perseroan mengalokasikan dana sekira Rp29 miliar tahun ini untuk berbagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

"Banyak kegiatannya antara lain, bedah rumah veteran, pemberdayaan mantan atlet nasional, program bina lingkungan, termasuk partisipasi mudik gratis tahun ini," katanya.

Khusus terkait BUMN Hadir untuk Negeri, Jasa Marga, kata Desi, kebagian fokus pada kegiatan 17 Agustus tahun ini di Provinsi Bali.

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga M Agus Setiawan memastikan perseroan berpartisipasi 15 unit bus untuk mudik gratis ke dua titik di kota Jawa Tengah.

"Mudik gratis BUMN hadir untuk negeri akan diresmikan dan diberangkatkan oleh Presiden Jokowi 19 Juni di TMII," kata Agus.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini