nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Online, Penumpang Tak Perlu Khawatir Tiket Ferry Hangus

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 20:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 13 320 1715292 pesan-online-penumpang-tak-perlu-khawatir-tiket-ferry-hangus-j246HjDtT8.jpg Foto: Ulfa/Okezone

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mulai menerapkan sistem online dalam pembelian tiket kapal di Pelabuhan Merak dan Bakauheni pada mudik tahun ini. Tiket online menjadi salah satu alternatif yang diharapkan dapat memudahkan pengguna jasa kapal ferry. 

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, selain mendapatkan kemudahan, pengguna jasa yang memesan tiket secara online tidak perlu khawatir tiketnya akan hangus atau tidak terpakai apabila menemui kendala sehingga datang tidak sesuai jadwal. Bahkan, pihak ASDP akan menyiapkan gerbang khusus bagi tiket keterlambatan atau irregularity gate

"Terkait keterlambatan kita pada prinsipnya fleksibel jadi tidak hangus. Prinsipnya tidak hangus dan masih bisa dilayani," ujarnya dalam acara Press Conference Kesiapan PT ASDP Indonesia Ferry dalam Menghadapi Angkutan Lebaran 2017, di Jakarta, Senin (13/6/2017). 

Pemesanan tiket online tersebut mulai efektif pada 1 Juni 2017 untuk keberangkatan mulai dari 19 Juni 2017. Hingga hari ini, Faik mengatakan bahwa transaksi tiket online telah mencapai angka 3.000 transaksi. 

Tidak hanya dapat mengurangi antrean pembelian tiket di pelabuhan, pemudik yang membeli tiket online dapat menikmati jalur khusus dengan waktu scan barcode lebih singkat.

Selain itu, data pemudik secara otomatis telah tercatat dalam manifest penumpang karena telah didaftarkan langsung saat proses online

"Tiket online ini bertujuan untuk memecah konsentrasi kedatangan. Mereka sudah bisa memesan tiket sesuai dengan jadwal, bisa pilih pelabuhan jam, dengan mereka punya jadwal jadi mereka tidak datang ke pelabuhan secara berbondong-bondong," tambah dia. 

Pembelian tiket secara online berlaku untuk pemesanan maksimal H-1 keberangkatan. Adapun layanan penjualan tiket penyeberangan berjadwal secara online saat ini berlaku bagi penumpang, kendaraan roda dua, kendaraan roda empat meliputi mobil pribadi, pikap, boks barang, dan mobil travel jenis Elf. Masa berlaku tiket maksimal empat jam setelah jam keberangkatan, dan waktu check in mulai dibuka tiga jam sebelum keberangkatan. 

Kendati menerapkan layanan penjualan tiket online, ASDP tetap membuka loket penjualan di luar area pelabuhan (buffer zone) untuk layanan go-show, baik di jalur tol maupun nontol. 

"Harapan kami agar dapat lebih fokus memberikan pelayanan kepada pengguna jam kendaraan pribadi yang jumlahnya terus meningkat tiap tahun," pungkas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini