nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika Jokowi, JK, dan Menteri Kabinet Kerja Bayar Zakat di Istana

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 11:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 14 320 1715652 ketika-jokowi-jk-dan-menteri-kabinet-kerja-bayar-zakat-di-istana-zXzuUdtNI3.jpg Jokowi acara Baznas (Foto: Dedy Afrianto/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) 2017 dan peluncuran pembayaran zakat melalui agen laku pandai. Kegiatan ini dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah jajaran pejabat tinggi negara. Di antaranya adalah Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Sekertaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pantauan Okezone, Rabu (14/6/2017), Jokowi tampak membayar zakat di dalam Istana Negara. Beberapa stan pembayaran zakat pun telah disediakan oleh Basnaz di dalam Istana Negara maupun di beranda belakang Istana.

Selain Jokowi, tampak pula Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja yang membayar zakat. Hingga saat ini, proses pembayaran zakat masih berlangsung.

Turut pula hadir pimpinan BUMN, pejabat eselon 1 Kementerian dan BUMN serta para Muzaki. Sekira 300 pejabat yang hadir untuk menunaikan zakatnya dilayani oleh 30 petugas BAZNAS. Para pejabat dapat membayarkan zakatnya dengan cara tunai maupun transfer.

Langkah Presiden ini ditiru oleh 10 Gubernur yaitu Gubernur Jawa Barat, Banten, Lampung, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Timur yang masing-masing juga menyalurkan zakatya melalui BAZNAS Provinsi.

Setiap tahunnya dalam skala nasional, kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS terus meningkat . Hal ini dibuktikan dengan jumlah penghimpunan yang terus naik.

Pada 2016, BAZNAS berhasil mengumpulkan zakat, infak sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya sebesar 37,45% atau setara dengan Rp5,017 triliun yang dikumpuikan dari Baznas, Baznas Provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, dan Lembaga Amil Zakat. Jumlah ini meningkat dari pengumpulan 2015 sebesar Rp3,650 triliun.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini