nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wih, BI Gandeng Polisi Berantas Calo Penukaran Uang

ant, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 14:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 14 320 1715903 wih-bi-gandeng-polisi-berantas-calo-penukaran-uang-bLaxASXPlw.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

BANDUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat (Jabar) akan menggandeng kepolisian untuk mengatasi calo penukaran uang yang mulai bermunculan. Bahkan di Kota Bandung, mereka bisa ditemui di sekitar Gedung Bank Indonesia Jabar.

"Kami akan koordinasi dengan kepolisian dan pihak kota madya (Kota Bandung) untuk melakukan ini, tapi memang ini tidak bisa keras melarang karena itu semacam ladang (mata pencaharian) buat mereka," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat di Bandung, Rabu (14/6/2017).

Ditemui usai menghadiri acara Kick-Off Early Warning System (EWS) Portal Informasi Harga Pangan (Priangan) di Gedung Sate Bandung, Wiwiek mengatakan upaya lain untuk mencegah calo penukaran uang tersebut adalah lebih menggencarkan sosialiasi penukaran uang di tempat-tempat yang resmi seperti di bank-bank.

"Di lingkungan BI sendiri kami sudah kerja sama dengan 14 kantor cabang bank yang buka dari pagi hingga sore untuk melayani masyarakat terkait penukaran uang," kata dia.

Ia menuturkan, penukaran uang di calo tidak menjamin keaslian dari uang tersebut, sehingga pihaknya mengimbau masyarakat menukarkan uang di tempat-tempat yang telah ditetapkan oleh BI.

"Menukar uang di bank itu gratis, tidak dibatasi. Berapa pun Anda tukar kami siap melayani. Kita tidak tahu uang dari calo itu dari mana, jadi waspadalah uang palsu," kata dia.

Sebelumnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat menyediakan uang kartal berbagai jenis pecahan sebanyak Rp16,64 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran 2017.

Jumlah ini lebih tinggi 1% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni Rp16,47 triliun.

Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, untuk penukaran uang pada saat bulan suci Ramadan, pihaknya telah bekerja sama dengan perbankan umum dan BPR di wilayah Bandung Raya, Subang, Sumedang, Purwakarta, Garut, Sukabumi, Sumedang, dan Cianjur.

"Jadi ada 72 bank umum dengan jumlah cabang KC dan KCP sebanyak 1.232 kantor cabang bank dan 99 kantor cabang BPR yang bekerja sama dengan kami terkait penukaran uang ini," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini