Perkenalkan Desain Baru Rupiah, BI Tarik Uang Tak Layak Edar dari Masyarakat

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 14 320 1716198 perkenalkan-desain-baru-rupiah-bi-tarik-uang-tak-layak-edar-dari-masyarakat-bDb3VVjvii.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) terus mengoptimalkan proses penukaran uang yang merata di seluruh daerah di Indonesia mulai dari daerah pusat maupun terpencil.

Layanan penukaran uang ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang Rupiah dengan hasil cetak sempurna terutama uang pecahan kecil (UPK) dengan tahun emisi 2016.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Suhaedi mengatakan layanan ini juga resmi dilakukan BI bersama bank-bank BUMN untuk memperkenalkan uang emisi 2016 agar lebih diketahui masyarakat luas dan penyebarannya merata. Hal ini juga untuk menghilangkan uang tidak layak edar yang masih ada di masyarakat.

"Uang tidak layak edar, kita harapkan dengan penukaran ini selain perkenalkan uang tahun emisi 2016 kita juga ingin tarik uang-uang yang tidak layak edar," ungkapnya di Gedung BI, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Menurutnya, uang yang termasuk dalam tak layak pakai adalah uang emisi lama yang sudah lusuh atau lecek yang masih banyak beredar dan digunakan oleh masyarakat.

"Semakin banyak uang lusuh bisa ditarik makin kita bisa edarkan uang yang kondisinya baik," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini