nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuti Lebaran Ditambah, Menhub: Puncak Arus Mudik Akan Terurai

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 21:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 15 320 1717382 cuti-lebaran-ditambah-menhub-puncak-arus-mudik-akan-terurai-srlnSmWbzc.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menandatangani Perpres Nomor 18 Tahun 2017 tertanggal 15 Juni yang berisi tentang cuti bersama bagi pegawai negeri sipil.

Dalam aturan ini, Jokowi memutuskan cuti bersama Lebaran 2017 dimulai pada 23, 27, 28, 29, dan 30 Juni 2017, sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Aturan ini pun disambut positif oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya. Menurutnya, dirinya cukup senang dengan aturan ini karena dapat mengurai puncak arus mudik.

"Dengan keluarnya aturan ini saya justru berterima kasih. Berarti puncaknya mulai tanggal 22 Juni, Kamis malam sudah mulai," kata Budi Karya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (16/5/2017).

Menhub pun mengimbau para pemudik agar dapat melakukan mudik lebih awal sebelum 23 Juni. Hal ini perlu dilakukan agar para pemudik tak terjebak kemacetan saat puncak arus mudik nantinya.

Budi Karya pun telah melakukan ramp check pada moda transportasi umum yang digunakan untuk mudik. Khususnya bagi pemudik yang menggunakan bus, Budi Karya mengimbau agar menggunakan bus yang memiliki stiker biru.

Bus dengan stiker biru adalah bus yang telah dicek oleh pemerintah. Jika tidak memiliki stiker biru, keamanan bus tersebut tidak dapat terjamin sepanjang perjalanan mudik.

"Kalau tidak menggunakan stiker biru, jangan dinaiki. Karena kami sudah sepakat dengan kepolisian, bus yang tidak berstiker artinya tidak dilakukan ramp check," tutupnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini