nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produksi Ikan Meningkat, Menteri Susi Klaim Nelayan Kian Sejahtera

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 11:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 16 320 1717692 produksi-ikan-meningkat-menteri-susi-klaim-nelayan-kian-sejahtera-7AC7Ux4x7a.jpg Foto: Dedy/Okezone

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan, saat ini produksi ikan terus mengalami peningkatan. Dibandingkan pada 2016, produk ikan tangkap hingga saat ini tercatat mengalami kenaikan.

"Stok ikan untuk tahun kemarin 2016 yang 9,93 juta. Tahun ini naik jadi 12,541 juta ton," kata Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Menurut Susi, keadaan ini pun berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan nelayan. Berdasarkan data BPS, nilai tukar nelayan terbesar berhasil menyentuh angka 110.

"Nilai tukar nelayan di atas 110, walaupun harga komoditi dan biaya hidup naik, mereka mampu di 110. Nilai tukar usaha perikanan juga luar biasa kenaikannya, masih tetap tinggi. Nilai tukar usaha perikanan nelayan juga naik tinggi. Dari data ini kita tidak punya kekhawatiran yang ternyata perikanan performance-nya masih sangat baik, tangkap juga masih sangat baik," jelasnya.

Selama ini, berbagai kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan produktivitas nelayan. Salah satunya adalah dengan memberantas illegal fishing. Hal ini pun akan terus dilakukan sehingga dapat berdampak positif bagi nelayan pada berbagai daerah di Indonesia.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini