Image

Butuh Uang Tambahan? Ini 5 Pekerjaan Sampingan Jelang Lebaran

Agregasi Sabtu 17 Juni 2017, 06:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 16 320 1717796 butuh-uang-tambahan-ini-5-pekerjaan-sampingan-jelang-lebaran-NDiT64uJ40.jpg Ilustrasi (shutterstock)

RAMADHAN adalah bulan yang penuh berkah. Tidak hanya kesempatan untuk beribadah, namun di bulan ini kita juga mendapatkan peluang untuk mendapatkan tambahan rezeki. Namun tak lupa juga kita harus beramal dan mengeluarkan uang untuk mudik dan memberikan THR. Mungkin sebagian dari kita ada yang merasa memerlukan penghasilan tambahan untuk pengeluaran menjelang Lebaran tiba. Salah satu caranya dalah dengan mendapatkan pekerjaan sampingan, yang tentunya banyak dicari pada saat Lebaran.

Mau tahu apa saja 5 pekerjaan yang dibutuhkan selama bulan suci ini?

1. Kurir Parsel

Jasa kurir alias pengantar barang merupakan salah satu peluang pekerjaan sampingan di bulan Ramadan. Kenapa? Karena meningkatnya jumlah pengiriman barang ke berbagai daerah untuk sanak saudara dan keluarga. Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang suka bekerja di lapangan dibandingkan dengan di kantoran dan belakang meja.

Namun jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan Anda sendiri. Kurir termasuk pekerjaan yang berisiko juga, karena ada kemungkinan kita bisa mengalami kecelakaan lalu lintas. Jadi, jangan lupa untuk membeli perlindungan asuransi kesehatan. Selain itu, Anda juga harus siap ketika menghadapi kecurigaan si penerima dan ancaman paket berbahaya. 

2. Perawat Hewan Sementara

Umat Muslim yang memiliki hewan peliharaan biasanya kebingungan dengan nasib hewan tersebut pada saat mereka pergi mudik. Sebagian memang bisa menitipkannya di tempat penitipan hewan, namun kadang biayanya sangat mahal dan rentan tertular penyakit dengan binatang lainnya. Belum lagi, dengan banyaknya penitipan hewan secara bersamaan karena hari libur Lebaran, tempat penitipan binatang menjadi penuh.

Maka dari itu, daripada harus menitipkan hewan di tempat penitipan dan kena biaya yang lebih mahal, banyak orang yang lebih memilih mencari perawat hewan peliharaan untuk sementara. Jika Anda termasuk tipe pecinta binatang, inilah pekerjaan yang cocok untuk Anda. Hitung-hitung menambah uang jajan dan hobi akan binatang, kan? Kesempatan ini juga dapat digunakan untuk memperluas koneksi kerja Anda.

3. Supir Paruh Waktu

Saat ini, pekerjaan sebagai supir dipermudah aksesnya dengan berbagai aplikasi online, seperti Go-Jek, Nebengers, dan Uber. Sehingga semakin banyak masyarakat yang memilih pekerjaan ini sebagai paruh waktu. Melalui aplikasi ini, kita memiliki kebebasan dalam menentukan waktu kerja dan tidak terikat dengan klien tertentu, layaknya supir pribadi. Dan jangan lupa, menjadi supir Go-Jek bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp4 juta per bulannya, loh. Syaratnya pun cukup mudah, hanya memiliki kendaraan pribadi dan ikuti aturan dari perusahaan saja.

Keperluan lainnya seperti jaket dan dua helm, diberikan secara gratis oleh perusahaan, serta ponsel, namun harus dicicil meski nilainya tidak terlalu besar.

4. Penjaga Rumah

Rumah-rumah yang ditinggal pemiliknya untuk mudik tentunya tidak bisa dibiarkan kosong begitu saja. Perlu ada seseorang yang mengawasi listrik, air, membersihkannya, menjaganya pada saat malam, merawat kebun halaman, dan kalau ada, kolam ikan. Kebanyakan dari pemilik rumah ini kewalahan dalam meninggalkan rumahnya, karena pembantu rumah tangga pun biasanya juga pulang kampung.

Di sininlah kesempatan Anda untuk menawarkan jasa perawatan sekaligus penjagaan rumah tersebut. Disisi lain, pekerjaan ini juga bisa mendorong kita untuk memperluas jaringan pergaulan dengan menambah teman di sekitar lingkungan rumah tersebut.

5. Jasa Renovasi Rumah

Ketika banyak orang pergi untuk mudik, dan keadaan rumah mereka kosong, banyak dari mereka yang ingin kembali dengan kondisi rumah yang baru, bagus, dan segar. Alasannya adalah tampilan baru tempat tinggal kita merupakan salah satu bentuk simbolis kemenangan Idul Fitri. Oleh karena itu, Anda dapat menawarkan jasa renovasi kecil-kecilan, seperti mengecat dinding, menata kembali kebun halaman, membersihkan interior dan eksterior, serta pekerjaan sederhana lainnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini