Image

Jelang Lebaran, Kebutuhan Daging Sapi Meningkat 3 Kali Lipat

Mulyana, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 18:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 19 320 1720069 jelang-lebaran-kebutuhan-daging-sapi-meningkat-3-kali-lipat-FkMPWAgvAb.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

PURWAKARTA - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat memprediksi, permintaan masyarakat terhadap daging sapi akan mengalami peningkatan jelang Lebaran. Jika di hari normal kebutuhan akan sapi hanya 225-250 ekor per bulannya, selama puasa hingga Lebaran nanti kebutuhannya naik jadi 600 ekor.

"Menjelang Lebaran nanti, permintaan akan daging pasti meningkat. Peningkatannya, antara dua sampai tiga kali lipat dari hari biasa," ujar Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta, Ita Sri Wuryasturati kepada Okezone.

Terkait stok daging sapi, Ita memastikan, ‎saat ini cukup aman. Tak hanya itu, stok daging juga terbantu dengan adanya daging beku impor. Saat ini, daging beku yang masuk ke Purwakarta diperkirakan mencapai 2 ton.

"Jadi, untuk daging sapi stoknya sangat aman. Sebab, selain daging dari sapi lokal cukup melimpah, daging impor juga banyak," jelas dia.

Untuk harga, dia menambahkan, sampai saat ini masih normal. Daging sapi lokal harganya Rp110.000 per kilogram. Sedangkan, untuk daging beku harganya sudah dipatok dari pusat, antara Rp80.000-Rp90.000 per kilogram.

Sementara itu, Kepala Dinas Koprasi UKM Perdagangan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, Entis Sutisna memastikan, harga daging jelang Lebaran yang ada di wilayahnya sangat stabil. Hargnya, diprediksi tak akan lebih dari Rp110.000 per kilogram untuk daging sapi lokal. Apalagi, saat ini stoknya cukup banyak.

"Selain daging lokal, pasar kita juga kan diserbu oleh daging impor yang harganya lebih murah. Jadi, kami prediksi harga daging cenderung stabil hingga Lebaran nanti," ujarnya‎ singkat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini