Image

Pertamina Pertanyakan Kenapa Harus Ada Demo Sopir Tangki BBM

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 21:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 19 320 1720263 pertamina-pertanyakan-kenapa-harus-ada-demo-sopir-tangki-bbm-HDKjZN1O8U.JPG Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga selaku rekan bisnis PT Garda Nasional atau perusahaan penyedian jasa awak mobil tangki (AMT), mempertanyakan mengapa ada aksi mogok kerja massal AMT di Terminal BBM Plumpang, Jakarta.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Rudy Permana mengatakan, setiap perusahaan pada saat melakukan rekruitmen pegawai pasti ada proses penilaian dari masa percobaan, evaluasi, hingga menjadi pegawai tetap. Nah, kata Rudy, proses evaluasi ini yang gagal dijalankan oleh PT Garda Nasional.

Perseroan pun mempertanyakan, apakah Garda Nasional, di awal penerimaan pegawai ada batas usia hingga batas pensiun. Kemudian apakah pegawai tidak mau menandatangani kontrak di awal, adakah yang pegawai tidak mau ikut psikotes dan kalau seadainya pegawai lolos di masa evaluasi, performance mereka juga tidak baik seperti apa.

"Misalnya 1 bulan diminta 20 hari kerja, mereka hanya masuk 5 sampai 6 hari. Nah ini, kalau kita lihat enggak memenuhi syarat lah. Atau mereka melakukan tindakan indisipliner selama masa evaluasi tadi. Bisa juga mereka itu melakukan tindakan yang merugikan perusahaan," tuturnya di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Senin (19/6/2017).

Dia melanjutkan, sebenarnya jika awal proses penerimaan pegawai dilakukan dengan baik, seharusnya tidak ada persoalan ketenagakerjaan.

"Tapi kenyataannya mereka tidak bisa lolos evaluasi tadi, sehingga mereka tidak bisa diangkat jadi karyawan tetap di perusahaan pemborong," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini