Image

Sering Mati Lampu di Sumut, PLN 'Dipaksa' Datangkan Kapal Listrik

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 21:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 19 320 1720276 sering-mati-lampu-di-sumut-pln-dipaksa-datangkan-kapal-listrik-SCxWeOjKW9.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

MEDAN - Permasalahan krisis listrik masih kerap terjadi di daerah-daerah terpencil Indonesia. Untuk itu PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah menyewa MVPP Onur Sultan selama lima tahun untuk menambah cadangan listrik wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengatakan, pihaknya terpaksa memaksa PLN untuk mendatangkan kapal MVPP. Hal itu bertujuan untuk mengatasi masalah krisis listrik yang dihadapi daerah-daerah terpencil salah satunya adalah Medan.

"Mohon maaf ini Pak Wakil Menteri ESDM (Archandra Tahar). Ini Hadir MVPP ini saya Komisi VII saya paksa sama PLN. Karena di sini masih krisis listrik meskipun berdasarkan data katanya sudah bagus," ujarnya di Belawan, Medan, Senin (19/6/2017)

Menurut Gus Irawan, meskipun pihaknya mendukung wacana PLN untuk melakukan efisiensi biaya dengan mencabut subsidi listrik. Akan tetapi dalam kasus ini , yaitu untuk mengatasi masalah krisis listrik yang selama ini dialami masyarakat terpencil tidak perlu lagi berbicara harga.

"Untuk mengatasi masalah itu tidak bicara harga. Kita juga tetep dukung efisiensi yang sedang dilakukan PLN," jelasnya

Sebagai informasi, Kapal MVPP yang didatangkan dari Turki ini memiliki Total kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 240 mw. Bahkan kapal ini bisa menghasilkannkapasitas maksimal listrik sebesar 480 mw.

Daya listrik tersebut didapat dari ini mesin PLTD buatan Wartsila berkapasitas 18,81 mw/unit dengan jumlah total 24 unit dan mesin PLTU dengan kapasitas 2×15 me. MVPP ini memang bisa dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Heavy Fuel Oil (HFO) dan juga bahan bakar gas (BBG).

Masuknya tambahan daya 240 mw dari MVPP ini pun meningkatkan kapasitas daya sistem Sumbagut menjadi 2.223 mw. Sementara beban puncak tertinggi di Sumut hanya sebesar 1.558 mw dan Aceh 355 mw. Dengan begitu wilayah Sumbagut saat ini memiliki cadangan daya sebesar 310 mw.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini